Efren Peñaflorida

Penggagas "Sekolah Gerobak" Jadi Pahlawan CNN

VIVAnews – Jaringan televisi berita CNN akhirnya menganugerahkan penghargaan “CNN Hero of the Year” pada seorang pejuang pendidikan bagi anak-anak miskin di Filipina, Efren Peñaflorida. Guru berusia 28 tahun dari Cavite City tersebut mengalahkan sembilan kontestan dari beberapa negara.

Peñaflorida terpilih setelah mendapat suara terbanyak, yakni 2,75 juta suara online dalam tujuh pekan. Penghargaan diberikan oleh aktris Eva Mendes di akhir pergelaran “CNN Heroes: An All-Star Tribute” yang diadakan di Kodak Theater, Hollywood, Amerika Serikat (AS), Sabtu malam waktu setempat, 21 November 2009.

Seperti dikutip dari media Filipina, Philstar, penggagas program belajar “Kariton Klassroom” ini berhak atas uang tunai US$100.000 (sekitar Rp 944,5 juta) untuk melanjutkan misinya bersama kelompok “Dynamic Teen Company”. Saat masuk dalam sepuluh besar CNN Heroes, Peñaflorida telah mendapat US$25.000.

“Planet kita dipenuhi para pahlawan, tua dan muda, kaya dan miskin, lelaki perempuan dengan berbagai warna kulit, bentuk, dan ukuran. Bersama-sama kita adalah sebuah permadani lebar,” kata Peñaflorida dalam pidatonya di depan sekitar 3.000 hadirin.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

“Jadilah pahlawan bagi orang-orang di sekitar kalian yang membutuhkan kalian. Layani sesama lebih dari kalian melayani diri sendiri, dan layanilah dengan senang hati, dan berbahagialah karena telah melayani,” lanjutnya.

Saat masih anak-anak, Peñaflorida sering dipukuli dan diperas oleh preman jalanan di Cavite City. Perlakuan tersebut membuatnya memutuskan untuk membantu anak-anak jalanan dan menyelamatkan mereka dari kemiskinan dan ketidakpedulian orang sekitar.

Peñaflorida kemudian menciptakan sebuah program di mana dia membawakan buku-buku kepada anak-anak di daerah kumuh dan jalanan. Sekitar 10.000 anggota tim yang kemudian dia bentuk, Dynamic Teen Company, berhasil membuat 1.500 anak muda menjadi melek huruf. Selain membaca dan menulis, anak-anak tersebut juga diajarkan soal kebersihan.

Dynamic Teen Company kemudian meluncurkan sebuah cara inovatif berjuluk “Kariton Klassroom” (ruang kelas gerobak). “Kariton Klassroom” menjadikan gerobak sebagai tempat belajar bagi anak-anak di wilayah miskin.

Kelas gerobak tersebut kini dilengkapi dengan alat-alat peraga pengajaran, papan tulis, dan juga meja lipat serta bangku sehingga siswa-siswi bisa duduk dan membaca buku-buku pelajaran di perpustakaan mini tersebut. Buku dan keperluan sekolah dibawa menggunakan kantong plastik besar.

Peñaflorida kini bekerja sebagai guru di sebuah sekolah di Cavite. Namun di akhir pekan, dia masih melanjutkan program kelas gerobak yang kini sudah merambah ke sudut-sudut miskin ibukota Manila.

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024