26 November 1941

Hari Libur Thanksgiving Resmi Ditetapkan

VIVAnews - Pada 26 November 1941, Presiden AS, Franklin D.Roosevelt, menandatangani undang-undang (UU) yang secara resmi menetapkan hari Kamis keempat di bulan November sebagai hari Thanksgiving.

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Laman berita Politico mengungkapkan bahwa tradisi merayakan liburan setelah masa panen di hari Kamis ini berawal pada abad 17 di wilayah koloni Plymouth dan Massachusetts.

Tahun1777, Kongres Kontinental menyatakan hari thanksgiving secara resmi untuk pertama kalinya, mengikuti kemenangan patriot di Saratoga. Tahun 1789 Presiden George Washington menjadi presiden pertama yang memproklamirkan libur Thanksgiving. Saat itu atas permintaan kongres, dia menetapkan 26 November, hari selasa sebagai hari libur nasional Thanksgiving,untuk diratifikasi dalam konstitusi AS.

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

Tapi ternyata itu tak terjadi juga hingga 1863, ketika Presiden Abraham Lincoln mendeklarasikan Thanksgiving untuk jatuh pada hari Kamis terakhir di bulan November.

Dengan beberapa kekecualian, setiap tahun presiden-presiden berikutnya mengikuti ketetapan yang dibuat Lincoln. Tahun 1939, Presiden Roosevelt keluar dari tradisi dengan mendeklarasikan 23 November, sebelum hari Kamis terakhir di bulan November tahun itu, sebagai hari Thanksgiving. Pemilihan hari untuk menarik musim belanja hingga Natal, yang dalam proses pembuatannya menciptakan kontroversi.

Syahrini Diduga Hamil, Sudah Masuk Usia 7 Bulan

Pada 26 November 1941, Presiden Roosevelt meralat dan mengakui kekeliruannya. President Roosevelt menandatangani undang-undang yang secara resmi menetapkan hari Kamis keempat di bulan November sebagai hari Thanksgiving.

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia / MKRI

MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

MK bakal membacakan putusan sidang perselisihan pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024