DUNIA

Gunung Es Raksasa Bergerak Menuju Australia

Gunung es raksasa yang diberi nama B17B bergerak 1.000 mil di pantai barat Australia.
Kamis, 10 Desember 2009
Oleh : Ita Lismawati F. Malau, Anda Nurlaila
Gunung es terlihat di lepas pantai Pulau Macquarie, sebelah tenggara Australia

VIVAnews - Sebuah gunung es raksasa berukuran panjang 12 mil (19,31 Kilometer/KM) dan lebar lima mil (8 KM) ditemukan terapung di perairan dekat daratan Australia. Ukuran permukaan gunung es raksasa mencapai 87 mil persegi (140 km2).

Divisi Riset Antartika Australia (ADD) menyatakan gunung es raksasa yang diberi nama B17B bergerak 1.000 mil di pantai barat Australia dan bergerak perlahan ke utara akibat terdorong arus laut dan angin. Gambar gunung es tertangkap kamera Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Badan Ruang Angkasa Eropa.

Pakar Glasiologi ADD Neal Young mengatakan gunung es raksasa ini bisa saja mencapai perairan Australia. Tabrakan bisa menyebabkan guncangan sebesar 3-4 tremor. Tetapi dia memperkirakan gunung es raksasa tidak akan mencapai daratan. Sebab, jika terus bergerak ke utara, gunung es raksasa akan pecah menjadi ratusan gunung es berukuran kecil.

"Suhu air sedang hangat dan gunung es akan mengecil dan tidak akan mencapai Australia. Gunung es ini akan bergerak ke utara dan pecah," kata Young seperti dikutip laman Telegraph.

Menurut Young gunung es raksasa seukuran B17B tidak terlihat lagi sejak abad 19 sejak terbukanya jalur perdagangan antara Australia dan Inggris. "Ada gunung es yang berukuran sangat besar, tetapi hanya sedikit sekali yang bisa kita saksikan seperti yang sekarang ini," katanya.

Gunung es raksasa, ujar Young, berasal dari pecahan daratan es Ross di Antartika kutub selatan pada 2000 dan bergerak ribuan kilometer menjauhi Antartika. Sebelum bergerak ke Australia, gunung es sempat berhenti pada satu titik sebelum bergerak dengan bantuan arus laut dan angin. Beberapa minggu lalu, beberapa gunung es raksasa mendekati perairan di dekat pulau Macquarie Australia, tetapi tidak ada yang sebesar gunung es ini.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found