Vatikan Kritik Film 'Avatar'

VIVAnews - Vatikan mengecam keras film box office karya James Cameron, 'Avatar'. Radio Vatikan dan suratkabar L'Osservatore Romano menilai film yang telah berhasil meraup keuntungan hingga US$ 1 miliar ini klise dan terlampau sentimental.

Di Inggris dan Amerika Serikat (AS), 'Avatar' mendapat sambutan baik di kalangan kritikus film. Mereka menyatakan Avatar sukses menggabungkan cerita dan teknologi animasi dengan sempurna. Film epik ini baru mulai ditayangkan di Italia pekan ini.

L'Osservatore Romano sepakat bahwa aspek teknologi dalam film ini memang luar biasa. "Namun tidak ada yang baru soal emosi manusia. Film ini terlalu melebihkan dampak visual daripada cerita dan pesan di dalamnya," demikian ditulis harian resmi Gereja Katolik Vatikan tersebut seperti dikutip laman Telegraph.

'Avatar' bercerita mengenai kehidupan planet Pandora, 144 tahun dari sekarang. Manusia telah tiba dan berusaha menguasai sumber daya yang ada di planet yang berada ratusan tahun cahaya dari bumi tersebut.

L'Osservatore menilai Cameron terlampau berkonsentrasi menciptakan dunia Pandora dan kurang mengeksplorasi cerita. Plot cerita, lanjut L'Osservatore, terpuruk menuju sentimentalitas dan tidak menggigit.

Sementara itu, Radio Vatikan bersikap lebih keras. Mereka menuduh film itu berusaha mengampanyekan doktrin yang membuat ekologi seperti sebuah agama baru.

Selain 'Avatar', media-media Vatikan pernah mengecam film lain seperti seri 'Harry Potter', 'The Da Vinci Code', dan 'Angels and Demons'. Namun bulan lalu, L'Osservatore mengucapkan selamat atas 20 tahun penayangan 'The Simpsons'.

Mereka memuji serial kartun 'The Simpsons' dan mengatakan serial tersebut dibuat berdasarkan naskah yang realistik dan cerdas. "Tanpa Homer Simpson dan karakter berkulit kuning dalam serial ini, banyak orang tidak akan tahu caranya tertawa," kata harian tersebut melalui artikel berjudul "Aristotle's Virtues and Homer's Doughnut".

Menkumham Pimpin Delegasi RI dalam Konferensi Diplomatik di WIPO Jenewa
Ilustrasi mayat

Pembunuh Jasad Pria Terbungkus Sarung Ditahan, Terancam Dihukum Mati

Pria berinisial FA (23), yang tega menghabisi nyawa pamannya sendiri AH (32), lalu membuang jasadnya dengan dibungkus sarung telah ditetapkan menjadi tersangka. Pelaku pu

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024