12 Februari 2002

"Tukang Jagal dari Balkan" Diadili

VIVAnews - Pada sembilan tahun lalu, hakim Pengadilan Internasional mulai menyidangkan mantan presiden Yugoslavia, Slobodan Milosevic. Dia diadili di Den Haag, Belanda, atas dakwaan melakukan genosida dan kejahatan perang di Bosnia, Kroasia, dan Kosovo pada dekade 1990an.

Laman stasiun televisi The History Channel mengungkapkan bahwa Milosevic bertindak sebagai pengacara bagi dirinya sendiri selama persidangan. Rangkaian sidang pengadilan itu akhirnya tidak berujung pada vonis.

Pasalnya, pria yang dijuluki "Tukang Jagal dari Balkan" ini ditemukan tewas di sel penjaranya pada 11 Maret 2006. Menurut dugaan dia terkena serangan jantung.

Sebelum bubar, Yugoslavia terdiri dari Kroasia, Montenegro, Slovenia, Serbia, Bosnia-Herzegovina and Macedonia. Negara itu berbentuk federal beraliran komunis, yang dipimpin oleh pahlawan Perang Dunika Kedua, Joseph Bros Tito, pada 21 Januari 1946.

Tito meninggal pada Mei 1980 dan Yugoslavia, bersama paham komunisme, di awal dekade 1990-an ambruk.

Milosevic, lahir 20 Agustus 1941, bergabung dengan Partai Komunis pada usia 18 tahun. Dia menjadi presiden Serbia pada 1989. Pada 25 Juni 1991, Kroasia dan Slovenia mendeklarasikan kemerdekaan dari Yugoslavia.

Milosevic lalu mengirim tank-tank perang ke perbatasan Slovenia, hingga perang singkat pecah yang mengakhiri pemisahan diri Slovenia. Di Kroasia, pertempuran berkobar antara Kroasia dan etnik Serbia.

Pasukan Kroasia bertempur dengan militer Yugoslavia dan para pendukung Serbia dengan dipimpin Serbia. Sekitar 10.000 orang tewas dan ratusan kota di Kroasia hancur lebur sebelum gencatan senjata dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) diberlakukan pada Januari 1992.

Pada Maret 1992, Bosnia-Herzegovina mendeklarasikan kemerdekaan. Milosevic membiayai pemberontakan Serbia Bosnia berikutnya sehingga mengobarkan perang yang menewaskan sekitar 200.000 orang, sebelum kesepakatan damai dengan mediator PBB tercapai di Dayton, Ohio, Amerika Serikat, pada 1995.

Erick Thohir Angkat Asisten Prabowo Jadi Komisaris Pindad
Ilustrasi beras

Indonesia Secures Rice Import Deal with Cambodia Ahead of Eid al-Fitr

The Indonesian Government is planning to import 22,500 tons of rice from Cambodia to complement domestic stocks in meeting the needs ahead of Eid al-Fitr.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024