17 Februari 1979

China Serbu Vietnam

VIVAnews – Pada 17 Februari 1979, pasukan China menyerbu wilayah Vietnam. Penyerbuan dilatarbelakangi kemarahan China atas invasi Vietnam ke Kamboja.

Lawan El Salvador dan Kosta Rika, Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

Menurut laman stasiun televisi BBC, serangan Beijing tersebut dilakukan setelah Vietnam membunuh dan melukai 300 tentara dan warga sipil China di perbatasan.

Hubungan Beijing dan Hanoi memang telah memanas sejak setahun sebelumnya. Saat itu Vietnam menyerbu Kamboja, yang merupakan sekutu dekat China.

Konten Bunda Corla dan Nikita Mirzani Jadi Kajian Dosen Universitas Mercu Buana

Sejak saat itu, China telah mengerahkan tidak kurang dari 150.000 tentara ke perbatasan Vietnam guna memaksa Hanoi menarik pasukannya dari Kamboja

Hanya dalam hitungan hari, sebagian wilayah utara Vietnam jatuh ke tangan China. Hanoi, yang menyadari keunggulan militer Cina, memilih melakukan taktik gerilya daripada berhadapan langsung dengan pasukan Tiongkok.

Tempat Produksi Tembakau Sintetis di Kos Digerebek Polisi, Modusnya Pelaku Berindah-pindah

Setelah hampir satu bulan menggelar operasi militer, pada 16 Maret 1979, China menarik tentaranya dari Vietnam. Invasi China ke Vietnam tersebut gagal memaksa Hanoi menarik tentaranya dari Kamboja.

Vietnam pun tetap menempatkan tentaranya di Kamboja hingga tahun 1989.

Dirtipidum Polri, Brigjen Pol Djuhandani Rahardjo Puro

Polri Bongkar Kasus TPPO Modus Kirim Mahasiswa Magang ke Jerman, 5 Orang Jadi Tersangka

Polri mengungkap jaringan internasional TPPO dengan modus mengirim mahasiswa untuk magang ke Jerman melalui program ferien job.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024