'Gadis Telanjang' Hitler Dilelang

VIVAnews - Adolf Hitler tak hanya berpredikat sebagai diktator Jerman yang kejam dan ambisius. Dia juga seorang seniman.

Dua sketsa Hitler, perempuan muda telanjang dan sketsa wajah perempuan dewasa akan dilego. Diperkirakan nilainya tak kurang dari 20.000 poundsterling.

Dua sketsa tersebut diyakini dilukis Hitler di awal 1900-an, saat dia tinggal di Wina, Australia.

Lukisan wajah perempuan tua dengan mata tertutup mirip dengan foto ibu Hitler -- lengkap dengan kerutan dan ekspresi kelelahan. Sketsa wajah perempuan tua dilukis pada 1908, setahun setelah ibu Hitler meninggal.

Sementara, sketsa perempuan telanjang menampilkan seorang gadis muda, telanjang, dan menarik. Hilter cukup sopan, sebab, dia melukiskan payudara perempuan itu ditutupi lengan. Namun, anehnya, tak ada wajah tergambar di lukisan itu.

"Sketsa perempuat telanjang tidak memiliki wajah, kosong, tak dilukis," kata penjual karya Hitler, Richard Westwood-Brookes, seperti dimuat laman New Kerala, Sabtu 27 Februari 2010.

"Mungkin sengaja tak ada wajahnya, sebab Hitler melihat manusia sebagai benda mati," tambah dia.

Lukisan perempuan telanjang dilukis dengan krayon berwarna merah dan coklat, ukurannya 10x7 inchi -- lukisan itu seperti dirobek dari buku sketsa.

Sementara, lukisan wanita tua dilukis dengan pinsil arang, ukurannya 12x8 inchi. Lukisan ini tidak jelek.

Saat itu diyakini Hilter berencana masuk ke sekolah seni dan bereksperimen dengan berbagai gaya melukis. Menggambar wajah dan perempuan telanjang merupakan keahlian yang harus dipenuhi saat itu.

Gambaran Hitler sebagai sangat berbeda dengan sosoknya setelah Perang Dunia I, sebelum menjadi 'Sang Fuhrer' yang tanpa ampun.

Lukisan -- yang jadi bukti sisi lain HitlerĀ  tersebut akan dilelang di Ludlow, Shropshire, pada 2 Maret 2010.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman

Salah satu lukisan karya Adolf Hitler tahun 1910


Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana

September lalu, tiga lukisan cat air yang diyakini dilukis Adolf Hitler, berhasil terjual dengan harga 42.000 euro (sekitar 600 juta rupiah, dengan kurs Rp 14.500 per euro) di Jerman. Lelang dilakukan di kota Nuremberg, di mana pengadilan kejahatan perang Nazi berlangsung.

Karya seni Hitler mulai dilelang dalam beberapa tahun terakhir. Hitler diyakini menghasilkan sekitar 3.400 lukisan antara tahun 1909 hingga 1945. Sejumlah orang mempertanyakan keaslian lukisan-lukisan itu.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024