DUNIA

Radovan Karadzic: Perang Bosnia 'Perang Suci'

Karadzik, 'Tukang Jagal dari Balkan' disebut otak pemusnahan etnis Kroasia dan muslim.
Senin, 1 Maret 2010
Oleh : Elin Yunita Kristanti, Harriska Farida Adiati
Radovan Karadzic

VIVAnews - Mantan pemimpin Serbia-Bosnia, Radovan Karadzic, menyebut bahwa Perang Bosnia pada 1990-an berlangsung "adil dan suci".

Ini merupakan pernyataan pertama Karadzic di hadapan Tribunal Pidana Internasional (ICT) di Den Haag, Belanda, Senin 1 Maret 2010, yang mengakhiri boikot persidangan oleh "Tukang Jagal dari Balkan" itu selama berbulan-bulan.

Karadzic mengatakan, warga Serbia-Bosnia membela diri sendiri dalam melawan kelompok fundamentalis Islam yang mengobarkan perang di Bosnia dan menyalahkan negara.

"Saya membela negara saya. Tujuan mereka adil dan suci. Kami memiliki bukti yang sangat baik," kata Karadzic seperti dikutip dari laman stasiun televisi Al Jazeera.

Karadzic, berpakaian gelap dan mengenakan dasi, mengungkapkan asal mula perang 1992-1995. Menurutnya, perang berkobar karena pemimpin muslim Bosnia menolak proposal pembagian kekuasaan. Dia menegaskan bahwa konflik yang muncul akibat bubarnya Yugoslavia merupakan konsekuensi alami dalam perebutan wilayah.

Karadzic dituduh berkolusi dengan mendiang pemimpin Yugoslavia, Slobodan Milosevic, dengan tujuan menciptakan Serbia dengan wilayah lebih luas dengan memasukkan 60 persen teritori Bosnia.

Karadzic dikenai dakwaan sebagai otak di balik pemusnahan etnis Kroasia dan umat muslim dalam Perang Bosnia yang menewaskan 100 ribu orang dan 2,2 juta orang terlantar. Total, dia menghadapi 11 dakwaan terkait genosida, kejahatan perang, dan kejahatan kemanusiaan.

Karadzic menolak hadir dalam sidang pembukaan Oktober tahun lalu dengan alasan memerlukan waktu untuk menyiapkan kasus ini, sehingga membuat proses persidangan ditunda selama empat bulan. Pada persidangan November lalu, hakim memutuskan untuk menghadirkan pengacara bagi Karadzic, yang selama ini memilih membela diri sendiri.

TERKAIT
    TERPOPULER
    File Not Found