Wakil Presiden Boediono

Indonesia Akan Aktif Atasi Masalah Iklim

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono mengatakan Indonesia siap berperan aktif dan konstruktif untuk menangani masalah perubahan iklim global. Boediono pun berjanji Pemerintah akan meningkatkan manajemen pengelolaan hutan tropis dan kelautan untuk mengatasi perubahan iklim global.

Hal ini dikatakan Boediono saat membuka International Climate Change Workshop on Research Priorities and Policy Development di Istana Wapres, 18 Maret 2010. Ini merupakan workshop yang digelar oleh Universitas Indonesia bersama Association of Pacific Rim University-World Institute (APRU-WI).

"Kontribusi terbesar kami dalam mengatasi perubahan iklim global terdapat di pengelolaan hutan tropis dan kelautan. Kami akan optimalkan di wilayah Indonesia," kata Boediono dalam sambutan yang disampaikan dengan Bahasa Inggris.

Indonesia, kata Boediono, merupakan wilayah yang merasakan langsung dampak perubahan iklim global. "Pertanian, perikanan, hutan, persediaan air, sangat terpengaruh dengan perubahan siklus iklim. Cuaca pun sangat tidak bisa diprediksi," ucap mantan Gubernur Bank Indonesia ini.

Karena itu, salah satu strategi terbaik, menurut Boediono, adalah mulai bergerak bersama masyarakat untuk membuat kebijakan dan beradaptasi dengan perubahan ini. "Tapi tentu saja aksi satu negara tidak dapat mengatasi permasalah global yang membutuhkan usaha bersama," tutur Boediono.

Selanjutnya, Boediono mengucapkan kerjasama global pun dibutuhkan, terutama di bidang teknologi dan keuangan. Perjanjian antarnegara pun dibutuhkan untuk suatu aturan yang mengikat. "Pertaruhannya besar sekali untuk kita semua, sebelum semuanya terlambat," kata Boediono.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban
Manchester United

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Duel Coventry City vs Manchester United dalam Semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Minggu 21 April 2024, pukul 21.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024