Kiki Fatmala Emoh Rokok Diharamkan

VIVAnews - Artis yang pernah populer dengan film-film hot di era 90-an, Kiki Fatmala, angkat bicara terkait fatwa merokok haram yang dikeluarkan suatu organisasi keagamaan awal Maret lalu. Menurut Kiki, merokok tidak perlu dilarang, namun cukup naikkan harga rokok atau perbanyak tempat-tempat khusus untuk merokok.

Dalam perbincangan lewat telepon dengan VIVAnews, Sabtu 20 Maret 2010, artis berusia 40 tahun itu menilai bahwa kalau untuk masalah kesehatan, pantangan untuk merokok itu bagus. Namun, tidak perlu sampai ada larangan bagi individu perokok.

"[Merokok] itu kan hak orang (individu). Saya nggak setuju adanya fatwa haram untuk hak orang. Yang penting kita tidak melakukan hal-hal yang di luar batas," kata Kiki.

Aktris yang memulai debut dalam film panas "Permainan di Balik Tirai" itu juga tidak setuju bila harus ada hukuman denda bagi perokok di tempat umum. "Masak denda rokok saja sampai jutaan, lebih mahal dari harga beberapa bungkus rokok. Sebaiknya pemerintah tidak perlu membuat undang-undang dan denda untuk rokok. Malah memberatkan perokok," lanjut Kiki.

Menurut dia, ada langkah-langkah yang lebih efektif untuk membatasi para perokok sekaligus membuat mereka tidak mengisap nikotin di sembarang tempat. Sediakan saja tempat-tempat khusus untuk perokok. Atau mahalin aja harga rokok seperti di negara-negara eropa yang sebungkusnya bisa 128 dolar. Orang pasti juga mikir ngapain beli rokok semahal itu," kata Kiki.

Aktris pemeran film "Pijit Atas Tekan Bawah" itu juga menilai bahwa kebijakan mengharamkan rokok juga bakal mengurangi pajak negara. "Petani-petani tembakau akan kehilangan pekerjaan dan akibatnya akan merugikan banyak orang karena mereka kehilangan pekerjaan," kata Kiki.

Ngomong-ngomong, terganggu nggak sih berada di antara mereka yang merokok? "Nggak juga sih, tapi kalau asapnya terlalu banyak, pastinya terganggu," kata dia.

MUI Harap Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jadi Momentum Rekonsiliasi Nasional
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi

Presiden Jokowi: Selamat Idul Fitri 1445 H, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh umat muslim di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024