DUNIA

Kapal Induk dan Kapal Selam Bertabrakan

Kapal induk AS, USS Kitty Hawk, bertabrakan dengan kapal selam Soviet di Laut Jepang
Minggu, 21 Maret 2010
Oleh : Renne R.A Kawilarang
Kapal induk AS, USS Kitty Hawk

VIVAnews - Pada 26 tahun yang lalu, kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Kitty Hawk (CV-63) bertabrakan dengan sebuah kapal selam tempur Uni Soviet, Victor Class (Project 671). Insiden itu berlangsung di Laut Jepang (Laut Timur).

Majalah Time edisi 2 April 1984 mengungkapkan, kendati tak ada korban jiwa, tabrakan itu memiliki risiko tinggi mengingat kapal selam Soviet menggunakan tenaga nuklir dan membawa torpedo berhulu ledak nuklir. Sedangkan USS Kitty Hawk saat itu sedangka membawa senjata nuklir.   

Tabrakan terjadi saat USS Kitty Hawk baru menjalani latihan tempur dengan kode Team Spirit. Rupanya, kapal induk itu sudah diintai berhari-hari oleh kapal selam Soviet.

Kendati tabrakan itu tidak menimbulkan kerusakan parah, USS Kitty Hawk harus diperbaiki di pangkalan militer AS di Teluk Subic, Filipina. Rupanya terdapat sebuah sekrup dari kapal selam Soviet yang tersangkut di lambung kapal induk itu. 
    
Setelah melaut selama lebih dari 47 tahun, kapal induk yang mampu membawa 85 unit pesawat dan 5.624 awak itu memasuki masa purnabakti dan tak lagi digunakan sejak 31 Januari 2009. Peran Kitty Hawk selanjutnya diganti oleh kapal induk baru, USS George H.W. Bush.

TERKAIT
    TERPOPULER
    File Not Found