Ilmuwan Kembangkan Robot Ahli Otopsi

VIVAnews - Peneliti di Universitas Bern, Swiss, sedang mengembangkan robot yang dapat membantu kerja tim forensik. Robot bernama Virtobot ini dilengkapi pemindai yang dapat melakukan otopsi.

Virtobot dapat memberikan gambaran tiga dimensi luar dan dalam kadaver (jenazah) tanpa membedah jenazah itu dengan menggunakan teknologi pengimaji getaran magnetik (MRI) dan tomografi komputer (CT). Penyebab kematian dapat diketahui bahkan bertahun-tahun setelah waktu meninggal.

Robot yang digunakan di laboratorium Virtopsy Institut Forensik Universitas Bern ini memproyeksikan cahaya ke tubuh jenazah yang diperiksa. Dalam waktu bersamaan, Virtobot merekam kontur tubuh dengan menggunakan kamera digital berdefinisi tinggi dan mencitrakan tekstur kulit.

"Kemudian kami mengharmonisasikan imaji permukaan tubuh itu dengan data tiga dimensi bagian dalam tubuh," kata programer Virtobot, Lars Ebert seperti dikutip laman news-medical.

Kombinasi pencitraan medis, navigasi bedah, dan robot ini memungkinkan pengawetan kadaver dan otopsi bertahun-tahun kemudian ketika bukti baru ditemukan kembali. Guru Besar Institut Forensik, Profesor Michael Thali menyatakan bahwa Virtobot merupakan masa depan ilmu forensik.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!
 Aksi Tak Terpuji Pemuda Geber Motor Saat Takbiran, Berujung Terbakar

Viral Aksi Tak Terpuji Pemuda Geber Motor Saat Takbiran, Eh Motornya Malah Terbakar

Di saat umat muslim sedang takbiran untuk menyambut hari raya idul fitri, terdapat aksi tak terpuji dari seorang pemuda yang sengaja menggeber motornya hingga terbakar.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024