RI Pertimbangkan Ekstradisi Buronan Romania

Dubes Marianna Sutadi berjabat tangan dengan Presiden Romania, Traian Basescu
Sumber :
  • VIVAnews/KBRI Bukares

VIVAnews - Pemerintah Indonesia pada dasarnya bisa mengekstradisi seorang buronan dari Romania ke negara asal. Namun, keputusan akhir berada di tangan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, mengingat kedua negara belum memiliki perjanjian ekstradisi.

Demikian salah satu hasil pertemuan antara Presiden Romania, Traian Basescu, dengan Duta Besar (Dubes) Marianna Sutadi, yang memperkenalkan diri sebagai wakil baru Pemerintah Indonesia di negeri Eropa bagian timur itu. Sutadi menyerahkan Surat-surat Kepercayaan kepada Basescu di Istana Kepresidenan Cotroceni, Bukares, Senin 12 April 2010.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bukares mengungkapkan bahwa salah satu topik yang menonjol dalam pembicaraan adalah mengenai kasus warga negara Romania yang tertangkap di Indonesia, Nicolae Popa, atas permintaan Interpol karena terlibat kasus penipuan di Romania. 

"Duta Besar Marianna Sutadi juga menjelaskan kepada Presiden Basescu bahwa Pemerintah RI telah menerima surat permohonan ekstradisi Nicolae Popa oleh Pemerintah Romania, dan permohonan tersebut kini tengah diproses menurut ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia," demikian menurut KBRI Bukares. 

Pemerintah Indonesia dan Romania sebenarnya belum memiliki perjanjian ekstradisi. Oleh sebab itu, proses ekstradisi Nicolae Popa mengacu pada Undang-Undang (UU) No. 1 Tahun 1979 tentang Ekstradisi.

"Sesuai UU tersebut, ekstradisi dapat dilakukan demi hubungan baik kedua negara dan keputusan akan berada di tangan Presiden RI. Apalagi kejahatan yang dilakukan Popa merupakan kejahatan yang juga dapat dihukum menurut UU di Indonesia," lanjut siaran pers KBRI Bukares.

Lecehkan Istri Pasien, Oknum Dokter di Palembang Jadi Tersangka

Sutadi menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan penegakkan hukum, memerangi segala bentuk tindak kriminal lintas batas negara, termasuk kejahatan kerah putih

Selain masalah Popa, Dubes Sutadi dan Presiden Basescu juga membahas upaya-upaya peningkatan hubungan bilateral RI-Romania, perkembangan domestik kedua negara, serta perkembangan regional maupun internasional.

Sutadi merupakan Dubes RI untuk Romania yang ke-19. Dia sebelumnya menjabat sebagai Wakil Mahkamah Agung bidang Yudisial.

Konser Hari Ini, Intip Suasana Menjelang Konser TVXQ di Indonesia
Maliq & DEssentials

Maliq & D’Essentials hingga Dewa 19 Hibur Ribuan Penonton di Soul Intimate Concert 2.0

Grup musik Maliq & D’Essentials, Reza Artamevia dan Dewa 19 sukses menghibur penonton pada konser Soul Intimate Concert 2.0 di The Hall Kasablanka, Jakarta Jumat 19 April

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024