Obama: Kirim Astronot ke Asteroid, Lalu Mars!

Bongkahan es di Planet Mars
Sumber :
  • www.space.com

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengutarakan visiĀ  penjelajahan luar angkasa Amerika Serikat pada Kamis, 15 April 2010.

Salah satu proyek fantastis yang diutarakan Obama adalah mengirim astronot ke asteroid dan lalu Mars.

"Saya berharap dapat menyaksikan mimpi itu terwujud," kata Obama, di pangkalan pesawat luar angkasa, Kennedy Space Center -- di mana manusia pertama ke Bulan diberangkatkan, seperti dimuat laman Daily News, Jumat 16 April 2010.

Perjalanan ke asteroid adalah perintis, sebelum mewujudkan mimpi besar -- ekspedisi ke planet merah, Mars, yang akan jadi prestasi kolosal yang dicatat sejarah. Sama halnya ketika mengirimkan manusia pertama ke Bulan.

"Kita menginginkan lompatan di masa depan. Tidak menapak terus di jalan yang sama," kata Obama.

Obama tak memprediksi kapan mimpi itu bisa terwujud. Tapi, kata dia, pada 2025, AS akan memiliki pesawat luar angkasa baru yang dirancang untuk perjalanan jarak jauh.

Juga, misi luar angkasa yang melampaui Bulan -- ada orang-orang terpilih yang akan menjelajah belantara ruang angkasa.

"Kita akan memulai dengan mengirim astronot ke asteroid untuk kali pertamanya dalam sejarah," kata Obama.

"Pertengahan tahun 2030-an, saya yakin kita akan bisa mengirim manusia ke orbit Mars dan mengembalikan mereka dengan selamat ke Bumi. "

"Selanjutnya, kita akan mengirim manusia pertama yang akan menginjakkan kaki di Mars. Saya harap ada di sana untuk menyaksikannya," kata Obama, optimistis.

Apa yang diucapkan Obama mirip deklarasi Presiden john F Kennedy pada 1961. "Saya percaya bangsa ini akan mewujudkan mimpi, sebelum dekade ini berakhir, mendaratkan manusia ke Bulan dan kembali dengan selamat ke Bumi," kata Kennedy saat itu.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Pada tahun 1969, mimpi itu terwujud.



Mimpi Obama menuai kontroversi. Ada pro dan kontra. Terutama soal pendaratan ke asteroid -- benda luar angkasa yang sering menubruk Bumi dan bahkan mengakibatkan bencana.

Asteroid juga yangĀ  disalahkan atas kepunahan spesies dinosaurus.

Namun, menurut ilmuwan luar angkasa, George Washington University, John Logsdon menilai langkah Obama sangat positif.

Pendaratan ke asteroid akan memberi petunjuk pada para ilmuwan, bagaimana untuk menangani asteroid yang mungkin akan jadi sumber bencana bagi umat manusia di masa depan.

Apalagi, perjalanan ke asteroid yang tanpa gravitasi, lebih mudah dan murah dari pada ke Bulan.

"Obama mengatakan hal yang benar, soal komitmen eksplorasi luar angkasa," kata Logsdon.

Sebaliknya, kritik datang dari kalangan Partai Republik -- rival Obama.

Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024