Facebook Hapus Akun Osama bin Laden

Osama bin Laden
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pengelola laman jejaring sosial Facebook telah menutup sebuah akun dengan nama Osama bin Laden. Akun yang mampu menarik lebih dari seribu penggemar tersebut menampilkan pidato dan rekaman bin Laden yang diproduksi oleh afiliasi jaringan teroris al Qaeda, Al-Sahab Media Group.

Akun yang mulai aktif pada 25 Maret lalu tersebut berisi pujian kepada Osama sebagai "Prince of Mujahideen" dengan lokasi di "pegunungan dunia". Demikian menurut situs berita berbahasa Arab, Elaph, seperti yang dikutip laman ABC News, Jumat 16 April 2010.

Gembong teroris al-Qaeda itu diduga kuat bersembunyi di wilayah pegunungan yang merentang dari Pakistan ke Afganistan. Belum jelas apakah laman tersebut dioperasikan oleh rekan dekat bin Laden atau oleh para pendukungnya di mancanegara.

Juru bicara Facebook, Andrew Noyes, tidak yakin kalau akun tersebut benar-benar milik bin Laden. "Orang sering mendaftarkan akun menggunakan nama orang terkenal atau orang yang tidak terkenal," kata Noyes.

"Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa akun yang dicurigai tersebut, atau akun puluhan orang yang menggambarkan diri mereka sebagai Osama bin Laden memiliki keterkaitan dengan teroris," tambahnya. "Sesuai praktik standar kami, kami telah menonaktifkan akun itu," kata Noyes.

Facebook memiliki akses ke email dan alamat protokol internet yang berasosiasi dengan profil atau grup. Facebook juga bekerja sama dengan aparat penegak hukum setempat dan federal dalam beberapa kasus tertentu. Noyes menolak berkomentar apakah akan ada tindak lanjut berupa penutupan akun fans bin Laden di Facebook.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP
Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth | Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Anak usaha Jakpro menginisiasi pemanfaatan lampu jalan milik Pemerintah Provinsi Jakarta untuk dikembangkan menjadi PJU Pintar. Bisa terkoneksi internet dan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024