DUNIA

Roket AS Bawa Senjata ke Luar Angkasa?

AS luncurkan pesawat ruang angkasa militer tanpa awak Kamis malam lalu. Penuh spekulasi.

ddd
Sabtu, 24 April 2010, 11:53
Pesawat luar angkasa X-37B milik militer AS
Pesawat luar angkasa X-37B milik militer AS (AP)

VIVAnews - Amerika Serikat meluncurkan pesawat luar angkasa militer yang diberi nama X-37B ke angkasa Kamis, 22 April malam.

Seperti dimuat laman News.com.au, ratusan juta dollar telah dicurahkan dalam proyek yang menjalani 20 tahun penelitian dan pengembangan ini.

Pesawat luar angkasa itu tak berawak dan terlihat seperti pesawat kecil. Ini adalah salah satu proyek rahasia militer AS yang dijaga paling ketat.

X-37B dibangun oleh divisi  Phantom Works Boeing di Seal Beach, California, dan beratnya sekitar 11.000 pon (sekitar 5.000 kg).

Program ini awalnya dikepalai oleh NASA. Namun, belakangan, program ini diambil alih unit penelitian Pentagon dan lalu melimpahkannya ke unit rahasia Angkatan Udara.

Ketika diluncurkan Kamis malam, hanya segelintir pejabat militer AS yang tahu apa persisnya yang diangkut pesawat luar angkasa itu.

Peluncuran X-37B menimbulkan kontroversi dan spekulasi - apa rencana militer AS di balik peluncuran itu. Muncul dugaan roket itu berisi senjata.

Seperti dikutip dari Christian Science Monitor, pengawas senjata mengatakan, bahwa peluncuran X-37b mungkin menandakan dimulainya perang di angkasa. Atau setidaknya membawa senjata ruang angkasa.

Namun, spekulasi itu dibantah. Militer AS mengklaim pesawat itu sama sekali tak mengangkut senjata.

Juru Bicara Angkatan Udara AS, Gary Payton, mencemooh spekulasi bahwa pesawat X-37B adalah pelopor untuk armada senjata ruang angkasa.

Menurut dia, tujuan utama peluncuran adalah menguji teknologi luar angkasa bukan mengorbitkan senjata.

"Saya tidak tahu bagaimana ini bisa disebut mempersenjatai luar angkasa," kata Payton, seperti dimuat laman Space.com, 23 April 2010.

Menurut  guru besar Studi Keamanan Nasional di Naval War College, Joan Johnson-Freese mengatakan,  X-37B  baik bisa menjadi kemajuan besar dalam  penerbangan luar angkasa. Atau akan mewujudkan impian Angkatan Udara AS untuk membangun pesawat luar angkasa berawak.

"Namun, dalam beberapa hal, negara lain akan menganggap ini adalah dominasi Amerika Serikat atas atas akses dan penggunaan ruang angkasa," kata dia.

Di sisi lain, penampilan pesawat ruang angkasa yang kecil bisa diluncurkan sewaktu-waktu dengan cepat - tanpa awak dan dikendalikan dari Bumi - memunculkan spekulasi X-37B berpotensi sebagai senjata.

"Terlepas dari maksud aslinya, X-37B yang nampak sebagaai petarung luar angkasa - adalah sebuah pesawat yang bisa dikemudikan jarak jauh dan mampu mengnonaktifkan beberapa satelit pada orbit dalam sebuah misi tunggal. Pesawat ini juga bisa menetap orbit dan mempengaruhi platform ruang angkasa," kata Everett Dolman, guru besar studi perbandingan militer.

Tak bisa direpis, kemampuan X-37B itu akan menjadi keuntungan taktis yang luar biasa bagi Amerika Serikat.

Dolman mengaku masih terlalu awal untuk menyimpulkan apa fungsi sementara dari X-37B, senjata atau sekedar kendaraan. (adi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
einven
24/01/2011
tembak ufo yang nampak.!!!!
Balas   • Laporkan
budibudiman
05/09/2010
Banyak kemungkinan dengan pesawat itu.Manusia harus bijaksana menggunakan teknologi.Tanpa perangpun manusia akan musnah oleh kerusakan lingkungan dan penyakit.
Balas   • Laporkan
ALBERT
27/05/2010
semua perang cepe deh
Balas   • Laporkan
bintra
25/04/2010
ga' di bumi ga' di langit, ne negara doyannya perang mulu....peace man!!!!!!!!!!!
Balas   • Laporkan
abud2002 | 25/01/2011 | Laporkan
Yes, setuju!!....peace ah...perang hanya akan melahirkan penderitaan.
AJIZ
24/04/2010
APA KAH BENAR PESAWAT X-37B MEMBAWA SENJATA YG MUNGKIN ADA PERANG DI LUAR ANGKASA
Balas   • Laporkan
Andi Rahmanto
24/04/2010
semoga kejadian ini membawa berkah postif bagi umat islam agar segera bangkit dari tidurnya, hingga izzul islam wal muslimin bisa dicapai
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru