Mahasiswa Indonesia Juara Robogames di AS

Robot Pemadam Api
Sumber :
  • www.unika.ac.id

VIVAnews - Tim robot Universitas Komputer Indonesia (Unikom) kembali memenangkan medali emas dalam ajang Robogames 2010. Tim yang beranggotakan Yusrila Y Kerlooza sebagai pembimbing dan Rodi Hartono mendapat emas dalam kategori open fire fighting autonomus robot.

“Kami mendapatkan kabar ini tadi pagi Pak Yusrila mengirim SMS saya,” ujar Rektor Unikom Eddy Suryanto Soegoto kepada wartawan di Kampus Unikom, Bandung, 26 April 2010.

Robogames 2010 berlangsung di San Mateo County Event Center,San Fransisco, Amerika Serikat. Kompetisi ini telah berjalan tahun ketujuh dan diikuti oleh 14 peserta dari berbagai negara. Menurutnya Unikom dalam lomba ini mengirimkan tiga robot sekaligus. Robot berbentuk robot tank, robot berkaki enam dan robot berkaki delapan.

Dalam kategori open fire fighting autonomus robot, robot dari Unikom berhasil mencari sumber api yang ditetapkan secara acak dan memadamkan secara otomatis dalam waktu tercepat. Dengan memenangkan kompetisi ini maka Unikom berhasil mempertahankan mendali emas yang diperoleh pada tahun kemarin.

Menurut Rektor, robot yang dikirimkan tahun ini tidak berbeda pada tahun lalu. Akan tetapi robot-robot yang dikirim telah mengalami inovasi dalam algoritma dan sensor. Hal ini untuk mengantisipasi tingkat kesulitan yang terus ditingkatkan dalam kompetisi.

Menurutnya pihak Unikom akan mematenkan hak cipta algoritma yang telah dibuat. Hal ini sejalan dengan program pemerintah. Semua biaya ditanggung oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi yang memberikan sumbangan sebesar Rp 260 juta.

Menurutnya prestasi ini membanggakan Indonesia karena kompetisi ini diikuti oleh berbagai negara. Ia menambahkan tim sebenarnya sempat kesulitan akibat cuaca yang berbeda antara Indonesia dan Amerika. “Pengaruh cuaca berpengaruh, robot sempat mengalami kerusakan,” ujarnya.

Rektor menambahkan hal yang dilakukan oleh Rodi Hartono lebih hebat dari skripsi yang implementasinya tak jelas. Robot dapat dipertanggungjawabkan secara akademis. Rodi Hartono merupakan mahasiswa  Unikom tingkat akhir dan telah mendapatkan mendali emas dua kali. Unikom akan mempersiapkan regenerasi untuk mengantisipasi Rodi yang akan lulus.

Top Trending: Sosok Noni Belanda Jadi Anggota TNI sampai Polisi Beri Mahar Emas Palsu

“Untuk tahun depan akan ada regenerasi karena Rodi mahasiswa tingkat akhir,” ucap Rektor.

Tim robot Unikom dijadwalkan akan tiba di Jakarta pada Rabu 28 April 2010 pada pukul 13.05 WIB. Tim rencananya akan disambut oleh Dirjen Dikti di Bandara Soekarno Hatta. (hs)


Laporan: Iwan Kurniawan | Bandung

Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Mengejutkan! Rangking FIFA 8 Negara Eropa Ini Ada di Bawah Timnas Indonesia

Timnas Indonesia mengalami lonjakan peringkat yang cukup signifikan. Kini, rangking FIFA Indonesia ada di peringkat 134. Ada 8 negara Eropa yang peringkatnya di bawah.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024