DUNIA

Ada Kehidupan di Planet Mars dan Titan?

NASA sedang mempertimbangkan 28 misi masa depan untuk membantu menemukan alien.

ddd
Kamis, 29 April 2010, 12:20
Maket yang menunjukkan rupa sebuah alien di Museum of Science, AS
Maket yang menunjukkan rupa sebuah alien di Museum of Science, AS (AP Photo)

VIVAnews - Keberadaan mahluk luar angkasa atau alien masih belum diketahui. Para ilmuwan hingga saat ini belum juga menemukan eksistensi mahluk ET (extra terrestrial) itu.

Namun, mereka tak menyerah. Berlandaskan keyakinan kita tak sendirian di alam semesta, para ilmuwan akan selalu membuat terobosan untuk menentukan lokasi dan cara mencari kehidupan alien dalam misi luar angkasa di masa depan.

Rabu 28 April 2010 lalu, para ilmuwan pencari alien berkumpul dalam konferensi astrobiologi di Houston -- sekaligus merayakan  50 tahun penelitian astrobiologi.

Para ilmuwan menyatakan, mereka masih bersemangat dan berani untuk terus mencari kehidupan lain di alam semesta. Meski astrofisikawan terkenal, Stephen Hawking memperingatkan manusia untuk tidak melakukan komunikasi dengan alien.

Kata Hawking, sekali kita membuka kontak dengan mereka, mahluk luar angkasa bisa menduduki bumi dan menghisap sumber dayanya.

"Kami sangat tertarik dan mempersiapkan diri untuk menemukan bentuk keidupan lain di alam semesta," kata astrobiologis senior di kantor pusat Badan Antariksa AS, NASA, seperti dimuat laman Space.com, 28 April 2010.

Sementara, ilmuwan planet dari universitas Cornell sekaligus peneliti utama proyek eksplorasi Mars, Rover, Steve Squyres, mengatakan ilmuwan NASA sedang mempertimbangkan 28 misi masa depan yang dapat membantu menemukan kehidupan di luar Bumi.

"Astrobiologi dan pencarian kehidupan lain adalah hal utama yang sebaiknya kita kedepankan dalam eksplorasi tata suraya masa depan," kata Squyres.

Sejumlah misi robotik --  mengirimkan robot ke tata surya, termasuk mengunjungi Planet Merkurius, Mars, Jupiter dan Saturnus, atau bahkan lebih jauh dari itu, menembus galaksi Bima Sakti, harus dilakukan di masa depan.

Khususnya ke Titan, satelit Saturnus itu memiliki danau metana dan etana, serta Enceladus, dengan uap-uap air. Titan tampak seperti tempat yang bisa ditinggali sebuah kehidupan.

Mars

NASA, tambah Squyres, juga sedang mempertimbangkan misi ambisius ke Mars yang akan membawa sample bebatuan Planet Merah itu ke Bumi.

"Misi ini akan mengungkapkan banyak hal, tentang apakah Mars pernah menyimpan kehidupan," katanya.

Senada, peneliti dari Universitas Kalifornia, Los Angeles, Bill Schopf berpendapat, contoh bebatuan dari Mars atau planet lain adalah kunci jawaban teka-teki kehidupan di luar Bumi.

"Jika misi ruang angkasa kembali besok dan membawa sample batuan, aku akan membawa batu itu ke laboratorium. Dari sana masalah ini bisa dipecahkan," kata Schopf.

Schopf dan peneliti lain, Jack Farmer dari Arizona State University, sebelumnya mengumumkan hasil studi, bahwa mereka menemukan bahwa jenis deposit mineral yang disebut sulfat menyimpan fosil  organisme kuno. Sulfat juga banyak terdapat di Mars.

Besar kemungkinan, sulfat di Mars juga menyimpan rekam jejak kehidupan, sama halnya di Bumi.

Selain planet dan satelit, tempat lain yang mungkin menyimpan bukti kehidupan adalah asteroid.

Para telah mengumumkan untuk pertama kalinya Rabu kemarin, bahwa mereka telah menemukan bukti langsung dari air beku dan senyawa organik - - yang adalah bahan-bahan pendukung kehidupan. Terutama asteroid utama di sekitar Mars dan Jupiter. (umi)

Berita Favorit Lainnya:

Rapat dengan DPR, Direksi Kereta Api Diusir

Video Penemuan Perahu Nabi Nuh

Boediono Tak Kunjung Datang, KPK Pergi

Misteri Mobil Lexus Plat Nomor B1280 BH

Jasad 38 Tahun Ditemukan di Mobil



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
budibudiman
05/09/2010
manusia harus bisa menemukan planet lain yang bisa dihuni.ini untuk masa depan manusia.sementara itu kita harus menjaga kelestarian bumi.
Balas   • Laporkan
nn
30/08/2010
sebentar lagi juga kiamat...!!!!
Balas   • Laporkan
neti
18/05/2010
Daripada ngabisin energi n biaya buat nyari alien, mending duitnya buat penelitian mengatasi global warning.....kayaknya jauh lebih manfaat buat masa depan...
Balas   • Laporkan
neti
18/05/2010
Daripada ngabisin energi n biaya buat nyari alien, mending duitnya buat penelitian mengatasi global warning.....kayaknya jauh lebih manfaat buat masa depan...
Balas   • Laporkan
ghion
30/04/2010
Tidak ada mahkluk lain d luar angkasa sana. itu hanya mitos belaka cerita-cerita dongeng parah nenek moyang. jadi 1 saja pedoman hidup Al-qur-an dan hadist. 7. Al A'raaf ayat 54. Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi d
Balas   • Laporkan
uut
29/04/2010
klo ada khipun lain diluar angkasa gmana pula tu ya jd bingung
Balas   • Laporkan
dita
29/04/2010
saya juga berpendapat yang sama. kalau memang di Al Quran disebutkan ada, niscaya ada dengan izin-Nya. lagipula, ada pertanyaan di benak saya. kalau pun kita mengetahui adanya kehidupan di luar planet ini, apa selanjutnya? manfaatkah atau mudharatkah yang
Balas   • Laporkan
eka azizah
29/04/2010
sebagai seorang muslim sudah sepantas dan seharusnya kita mempercayai apa yang sudah menjadi kehendak Allah, baik yang buruk atau pula yang baik. dalam kehidupan ini Allah menciptakan segala isinya dengan perencanaan dan hikmah yang terkandung didalam aga
Balas   • Laporkan
budi
29/04/2010
Dan diantara ayat-ayatNya adalah menciptakan langit dan bumi Dan makhluk-makhluk hidup yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya. (QS. 42:29) Allah menciptakan makhluk tidak hanya dibumi saja tapi j
Balas   • Laporkan
gembel berkelas
29/04/2010
Andai benar** adaq kehidupan di luar sana apakah manusia akan migrasi kesana?//
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com