8 Mei 1984

Soviet Boikot Olimpiade di Amerika Serikat

Gambar maskot Olimpiade Los Angeles 1984
Sumber :
  • BBC

VIVAnews - Pada 26 tahun yang lalu, Uni Soviet menyatakan tidak berpartisipasi dalam Pesta Olahraga Olimpiade 1984 di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Viral Video Bocah Bojonggede Nangis Minta Makan, Pengunggah Minta Maaf ke Pihak Kecamatan

Menurut laman stasiun televisi BBC, pernyataan itu dilontarkan Soviet dua belas pekan sebelum pesta pembukaan ajang olah raga bergengsi se-dunia itu

Melalui siaran televisi, pemerintah Soviet - yang sejak 1991 bubar dan kembali menjadi Rusia - beralasan bahwa Olimpiade sudah menjadi ajang komersialisasi.

Selain itu AS sebagai tuan ruman kurang memberi keamanan yang memadai bagi para atlit manca negara. Dua faktor itulah, menurut Soviet, merupakan pelanggaran bagi Piagam Olimpiade.

Sikap Soviet diikuti oleh hampir semua negara sekutunya di Eropa Timur - kecuali Rumania - dan Kuba. Jadi 14 negara absen dalam Olimpiade 1984.

Namun, kalangan pengamat menilai bahwa pemboikotan Soviet itu merupakan balasan atas ketidakikutsertaan AS dan lebih dari 60 negara lain saat negara komunis itu menjadi tuan rumah Olimpiade di Moskow 1980. Saat itu AS sengaja absen sebagai protes invasi Soviet ke Afganistan.

Suami Mutilasi Istri di Ciamis Mulai dari Kaki, Terakhir Kepala
Penampakan Banjir Bandang di Brasil (Doc: The Sundaily)

Korban Banjir Bandang Brasil Bertambah Menjadi 83 Orang

Jumlah korban tewas akibat serangkaian bencana banjir di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil selatan, telah meningkat menjadi sedikitnya 83 orang.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024