Pohon Apel Newton Dibawa ke Luar Angkasa

Pohon apel yang mengilhami Isaac Newton
Sumber :
  • www.york.ac.uk

VIVAnews - Peristiwa jatuhnya apel dari pohonnya adalah  peristiwa biasa. Namun, ini jadi luar biasa ketika yang mengamatinya adalah Isaac Newton.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Sejarah mencatat, apel yang jatuh dari pohonnya mengilhami Newton menemukan salah satu penemuan sains terbesar dalam sejarah teori gravitasi.

Kini, tiga abad kemudian, napak tilas penemuan  Newton akan dilakukan. Bedanya, bukan di Bumi melainkan di luar angkasa.

Astronot Inggris, Piers Sellers akan membawa potongan pohon apel yang sama yang menginspirasi Newton.

Pohon apel itu saat ini masih kokoh berdiri di bekas rumah Newton, Woolsthorpe Manor, di  Lincolnshire, Inggris.

Sellers telah mengepak potongan kayu sepanjang empat inci ke dalam pesawat luar angkasa. Napak tilas bersejarah ini dipercayakan kepada Sellers oleh lembaga Royal Society, dimana Isaac Newton pernah menjadi  pimpinannya.

Ini adalah bagian dari perayaan ulang tahun ke 350 Royal Society, perkumpulan yang didirikan pada tahun 1660 dan beranggotakan ilmuwan-ilmuwan top.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Potongan kayu itu akan menyertai perjalanan Sellers sejauh 4,9 juta mil ke stasiun luar angasa internasional. "Ketika di luar angkasa, kayu ini akan berada di ruangan tanpa gravitasi. Jadi, jika ada apel yang menggantung di dahan ini, tak mungkin bakal jatuh," kata dia seperti dimuat laman Times Online, Senin 10 Mei 2010.

"Saya sangat yakin, Newton akan gembira melihat ini. Bahwa teorinya diujicobakan di luar angkasa," kata Seller.

Sellers akan mengembalikan artefak potongan kayu itu ke Royal Society. Potongan kayu itu akan di pamerkan.  "Ide ini akan mengispirasi banyak orang. Anda bisa menceritakan kisah ini untuk mengenalkan anak-anak Anda pada ilmu pengetahuan, fisika, matematika, bahkan soal astronot," kata pustakawan Royal Society, Keith Moore. (mt)

Sheila on 7

Terpopuler: Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, hingga Daftar Harga Tiket Konser Sheila On 7

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Selasa 23 April 2024:

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024