18 Mei 1944

Pertempuran Monte Cassino

Suasana pertempuran di Monte Cassino, Italia, 1944
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 66 tahun yang lalu, pasukan Polandia akhirnya mengibarkan bendera mereka di reruntuhan biara kuno Monte Cassino, Italia, setelah berhasil menaklukan pasukan Jerman. Tempat itu merupakan salah satu benteng pertahanan Jerman semasa Perang Dunia Kedua.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa Polandia - yang bergabung dengan Pasukan Sekutu pimpinan Amerika Serikat (AS) dan Inggris - bergerak ke arah biara yang berada di atas bukit itu pada pagi hari. Mereka baru bergerak enam hari setelah Sekutu membombardir salah satu pos strategis pertahanan Jerman di fron Barat, yang dikenal dengan nama "Jalur Gustav."

Sebelumnya, pasukan Inggris telah menguasai kota Cassino yang terletak di kaki bukit tempat biara itu berada. Setelah bombardir selama empat bulan, Sekutu akhirnya berhasil menaklukan pertahanan Jerman di Cassino dan, puncaknya, Monte Cassino.

Polandia tidak sendiri saat menyerbu Monte Cassino. Mereka pun dibantu oleh pasukan dari Inggris, Kanada, India dan Prancis. 

Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit
Wuling BinguoEV di Mandalika

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Perjalanan ini berhasil membuktikan, bahwa mobil listrik BinguoEV mampu menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024