Pejabat Deplu AS: Obama ke Indonesia 14 Juni

Barack Obama saat keluar dari pesawat kepresidenan AS
Sumber :
  • AP Photo/Koji Sasahara

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, kemungkinan akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada 14 Juni mendatang. Demikian ungkap seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri (Deplu) AS.

Asisten Menteri Luar Negeri bidang Demokrasi dan Masalah Global, Maria Otero, mengungkapkan hal itu saat memaparkan hasil kunjungannya ke Indonesia dalam jumpa pers di gedung Deplu, Washington DC, Senin 24 Mei 2010.

Ketika itu, Otero diperkenalkan oleh juru bicara Deplu, PJ Crowley, kepada pers. "Beliau baru saja berkunjung ke Indonesia dan kini akan memberi sedikit pandangan atas negara itu bersamaan dengan persiapan kami untuk kunjungan Presiden ke Indonesia bulan depan," kata Crowley, dalam jumpa pers yang dimuat di laman Deplu AS.

Otero pun mengungkapkan bahwa dirinya berkunjung ke Indonesia dalam rangka persiapan kunjungan Obama. Dia pun menyebut tanggal kunjungan. "Seperti yang PJ (Crowley) katakan tadi, dalam mengantisipasi dan mempersiapkan kunjungan Presiden pada 14 Juni mendatang, Saya berada di Indonesia untuk bertemu dengan para pejabat, para pegiat lembaga swadaya masyarakat dan tokoh-tokoh lain untuk membicarakan isu-isu global yang dapat disikapi bersama oleh Amerika Serikat dan Indonesia," kata Otero.

Namun, baik Otero maupun Crowley selanjutnya tidak menjelaskan secara rinci mengenai jadwal kunjungan Obama ke Indonesia. Para wartawan di Deplu AS juga tidak mengajukan pertanyaan lanjutan atas jadwal itu.

Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang

Gedung Putih pun belum mengumumkan secara resmi perihal kunjungan itu, walaupun Obama sudah direncanakan untuk menyambangi Indonesia bulan depan.

Sebelumnya, Obama dua kali menunda lawatan ke Indonesia, yaitu pada November dan Maret lalu. Obama pernah melewatkan masa kecilnya di Jakarta selama 1967 hingga 1971.

[dok. SKK Migas]

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berkomitmen untuk terus meningkatkan komersialisasi minyak dan gas bumi (migas) di Tanah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024