DUNIA

Simbol Rahasia di Balik Lukisan Michelangelo

Tak hanya Leonardo da Vinci yang gemar menyisipkan kode rahasia di balik karyanya.
Rabu, 2 Juni 2010
Oleh : Elin Yunita Kristanti
Lukisan Michelangelo di Kapel Sistina, ada kode rahasia di sana

VIVAnews - Tak hanya Leonardo da Vinci yang gemar menyisipkan kode-kode rahasia di balik karyanya. Maestro seni Renaissance asal Italia, Michelangelo, juga ternyata menyisipkan simbol serupa di salah satu mahakaryanya di Kapel Sistina (Sistine Chapel), Vatikan, Roma.

Seperti dimuat laman Daily Mail, para ahli neuroanatomy (anatomi syaraf) yakin Michelangelo menyisipkan ilustrasi anatomi pada lukisan yang dibuatnya antara tahun 1508 dan 1512--sebuah karya yang membuat para peziarah dan turis terkagum-kagum selama ratusan tahun.

Ilmuwan dari Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins di Baltimore, AS, Ian Suk dan Rafael Tamargo, menyatakan salah satu lukisan terakhir Michelangelo di langit-langit kapel menggambarkan secara persis syaraf tulang belakang dan batang otak manusia.

Jika ditelisik secara teliti, gambar anatomi itu terdapat pada lukisan sosok Tuhan yang sedang memisahkan terang dari kegelapan dengan tangan-Nya.

Menurut mereka, tenggorokan dan dada sosok Tuhan dalam lukisan Michelangelo itu semula seperti memiliki anatomi yang tak beraturan--tak seperti dalam lukisan Michelangelo lainnya. Namun, Ketika diamati lebih jauh, lukisan aneh yang tampak seperti kecerobohan itu terbukti merupakan pekerjaan seorang jenius.

Seperti dituliskan dalam jurnal Neurosurgery, para ahli menyimpulkan di situlah Michelangelo menyisipkan gambar detail otak manusia sebagai sebuah pesan rahasia.

Seperti diketahui, Michelangelo adalah penggemar anatomi. Kepala biara mengizinkannya meneliti mayat di rumah sakit gereja. Namun, belakangan Michelangelo diketahui menghancurkan semua sketsa dan catatan anatomi yang pernah dibuatnya.

Sementara itu, Dr. R. Douglas Fields dari Universitas Maryland mengatakan karya Michelangelo memunculkan interpretasi jamak.

"Termasuk soal pemisahan 'cahaya dari kegelapan' yang diduga merupakan terjemahan artistik tentang pertentangan antara agama dan ilmu pengetahuan," dia menulis blog di laman Scientific American. "Bukan rahasia bahwa hubungan Michelangelo dan gereja tegang. Michelangelo pria yang sederhana tapi dia membenci kehidupan gereja ketika itu yang penuh foya-foya dan korup."

Ini bukan kali pertama ilmuwan memergoki hal yang aneh di lukisan fresco Michelangelo.

Pada 1990, dokter Frank Meshberger menunjukan sebuah lukisan Michelangelo yang menggambarkan Tuhan sedang menciptakan Adam, adalah ternyata juga ilustrasi sempurna otak manusia. 

Michelangelo menolak dimakamkan di tanah Vatikan. Dia memilih dimakamkan di Florence, Italia. Lukisannya di Kapel Sistina adalah tanda-tanda penentangan Michelangelo atas gereja. (kd)

Tenggorokan sosok Tuhan mirip anatomi syaraf tulang belakang dan otak manusia

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found