2 Juni 1953

Ratu Elizabeth II Resmi Memimpin Inggris

Ratu Elizabeth II (tengah) dan suaminya, Pangeran Phillip
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Tepat 57 tahun yang lalu, Elizabeth Windsor resmi menyandang status sebagai penguasa Kerajaan Britania Raya (Inggris) dengan nama Ratu Elizabeth II. Upacara penobatan berlangsung di gereja Westminster Abbey di London.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa teriakan "Tuhan Melindungi Ratu" membahana begitu imam gereja Archbishop of Canterbury, di depan lebih dari 8.000 undangan, menyematkan mahkota di atas kepala Ratu Elizabeth II.

"Selama masih hidup dan dengan segenap hati, saya akan bekerja keras untuk memenuhi kepercayaan yang kalian berikan," kata Elizabeth dalam pesan radio kepada rakyat Inggris. 

Ini merupakan kali pertama penobatan kepala kerajaan Inggris mendapat liputan dari media elektronik, baik radio dan televisi, sehingga bisa diketahui oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Elizabeth menggantikan kedudukan ayahnya, Raja George VI, yang wafat pada 6 Februari 1952. Saat dilantik menjadi ratu, Elizabeth masih berusia 25 tahun.

Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan
EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Evos raksasa esports Indonesia, dan Pop Mie, brand mie instan ternama, merayakan 6 tahun kolaborasi strategis mereka dalam memajukan industri esports Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024