Gempa Bumi Menggeser Kota California

California
Sumber :
  • Creative Commons

VIVAnews - Gempa dahsyat yang mengguncang Baja, California dan  barat daya Amerika Serikat, 4 April 2010, telah menggeser batas kota California. Demikian diungkap radar Badan Antariksa AS, NASA.

Calexico, California -- dekat perbatasan AS-Meksiko bergeser lebih dari 2,5 kaki atau 80 centimeter ke selatan dan permukaannya turun  akibat gempa dengan kekuatan 7,2 skala Richter.

Gempa dahsyat disebut El Mayor-Cucapah, berpusat di 52 kilometer sebelah selatan dari tenggara Calexico -- ini adalah gempa terbesar yang mengguncang wilayah itu dalam 120 tahun. Dua tewas dan ratusan orang terluka.

Radar NASA menemukan pergeseran di Calexico dengan cara menyapu wilayah terdampak gempa bumi dengan radar.

Pesawat terbang tak berawak milik NASA -- Aerial Vehicle Synthetic Aperture Radar (UAVSAR) -- di ketinggian 12.496 meter untuk mencatat sejauh mana gempa bumi merusak formasi Bumi.

"UAVSAR memungkinkan para ilmuwan untuk melihat rincian sistem sesar gempa bumi Baja [California] yang diaktifkan oleh gempa utama dan gempa susulan," peneliti Laboratorium Pendorong Jet NASA, Scott Hensley, seperti dimuat laman LiveScience.

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Bukan Pergeseran Pertama

Ini bukan kali pertamanya kota bergeser karena lindu. Gempa dengan kekuatan 8,8 skala Richter yang mengguncang Chile awal tahun 2010, menggeser kota Conception setidaknya 10 kaki atau 3 meter. Ini gempa terbesar nomor lima yang tercatat dalam sejarah.

Contoh lain bagaimana gempa menggeser kota, adalah gempa 6,9 SR yang mengguncang Loma Prieta pada 1989 -- yang terjadi di sepanjang patahan San Andreas di California Selatan. Saat itu lempeng Pasifik bergerak 6,2 kaki atau sekitar 2 meter di sebelah barat laut dan 1,3 meter ke atas lempeng Amerika Utara.

Dalam waktu yang panjang, gempa bumi dan pergeseran garis batas terjadi di Bumi. Pergerakan tanah San Andreas mengakibatkan Kota San Francisco bergerak menuju Los Angeles dengan laju gerak 2 inchi per tahun. Dua kota itu akan menyatu beberapa juta tahun mendatang.

Gempa bumi juga bisa menggeser poros Bumi, mengubah panjang hari di planet. Gempa Chile misalnya, memperpendek waktu Bumi 1,26 mikrodetik.  (umi)

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako
Presiden Joko Widodo.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mau berkomentar namanya disebut-sebut dalam sidang gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024