Diterbitkan, Buku Pidato SBY-Obama

Presiden SBY
Sumber :
  • R Rekotomo

Laporan dari Toronto

Toronto - Apa kesamaan pada diri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden AS Barack Hussein Obama? "Kedua pemimpin punya ayah beragama Islam", " kata Richard Greene, penulis buku "Words That Shook The World".

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Greene, spesialis komunikasi publik, menyampaikan hal itu saat menyerahkan buku berjudul sama, dalam bentuk "Addendum" atau tambahan. Persisnya buku yang diserahkan Green berjudul Words That Shook The World, Addendum: The First Decade of The 21st Century.

Karena "addendum", maka buku setebal 74 halaman itu hanya berisi dua pidato, yakni pidato SBY dan pidato Barack Obama. Greene memilih pidato SBY yang disampaikan di Universitas Harvard, Kennedy School of Government, berjudul "Towards Harmony Amongs Civilization" sebagai pidato yang "mengguncang dunia" di abad ke-21. Pidato itu berisi tawaran SBY kepada dunia untuk mempromosikan perdamaian melalui hubungan Barat-Islam yang lebih harmonis.

Menurut Greene SBY juga menjadi salah satu pemimpin dunia yang peduli terhadap isu lingkungan hidup.

Pidato SBY di Harvard itu dirancang untuk menjawab pidato Barack Obama di Universitas Kairo, yang ditujukan ke dunia Muslim. Namun Greene tidak menjadikan pidato Obama itu sebagai pidato yang mengguncang dunia. Di buku ini Greene memilih menampilkan pidato Obama saat Konvensi Nasional Partai Demokrat di Boston, Juli 2004. "Sejak saat itu saya tahu Obama bakal jadi Presiden," ujar Greene.

Selain menyerahkan buku dalam bentuk buku kertas, SBY juga mendapat Words That Shook The World dalam bentuk eBook, yang bisa dibaca di iPad.

Sejumlah tokoh dunia sebelumnya dikenal karena pidato atau kutipan wawancara yang dikenang sepanjang masa karena memberikan inspirasi. Tokoh Hak Asasi Manusia Dr Martin Luther King, Jr, misalnya, menyampaikan pidato yang sangat terkenal, "I Have a Dream", pada Agustus 1963. Pidato ini menginspirasi lagu yang terkenal dengan judul yang sama. Pidato pelantikan Presiden John F. Kennedy juga masuk kategori mengguncang dunia.

Uni Z. Lubis/antv

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024