12 Juli 1990

Boris Yeltsin Keluar, Komunis Soviet Pecah

Boris Yeltsin Presiden Rusia
Sumber :
  • lpi-bg.org

VIVAnews - Pada 20 tahun yang lalu, seorang politisi populis sekaligus Ketua Parlemen Uni Soviet, Boris Yeltsin, mengundurkan diri dari keanggotaan Partai Komunis, yang merupakan kekuatan tunggal negara itu.

Menurut laman stasiun televisi BBC, keluarnya Yeltsin juga menimbulkan perpecahan di kalangan Partai Komunis, yaitu antara kubu konservatif dengan kubu reformis radikal, yang mendukung Yeltsin. Para pendukung Yeltsin saat itu membentuk grup yang berpengaruh, Platform Demokratik.

Manuver Yeltsin membuat pemimpin Partai Komunis sekaligus penguasa Soviet saat itu, Mikhail Gorbachev, menghadapi masalah perpecahan politik. Yeltsin saat itu dipandang sebagai tokoh reformis radikal di tubuh Partai Komunis dan mengkritik Gorbachev karena tidak optimal melakukan reformasi.

Yeltsin mulai muncul ke puncak kekuasaan setelah dia berperan menggalang kekuatan sipil untuk menentang upaya kudeta atas pemerintahan Gorbachev. Saat Soviet bubar pada akhir 1991, Yeltsin pun tampil sebagai presiden Rusia. 

Saat kondisi kesehatannya terus menurun, Yeltsin pun pensiun sebaga presiden pada 1 Januari 2000, digantikan oleh Vladimir Putin. Yeltsin wafat pada 23 April 2007.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024