Banglades Bikin Bank Data Pengemis

Para perempuan di Banglades antri saat iku Pemilu Desember 2008
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Seperti di Indonesia, persoalan pengemis juga menjadi masalah pelik yang harus diatasi oleh Banglades. Salah satu upaya pemerintah setempat untuk mengurangi jumlah pengemis adalah dengan membangun bank data berisi foto 700 ribu pengemis di negara miskin tersebut.

"Kami akan memotret dan mencatat informasi pribadi mereka sehingga kami bisa tahu pasti berapa banyak jumlah mereka, dan di mana saja mereka beroperasi," kata ketua National Foundation for Development of Disabled Persons, Gazi Mohammad Nurul Kabir.

Menurut Kabir, hampir dua juta dolar Amerika telah dialokasikan dalam anggaran tahun ini untuk membiayai serangkaian survei skala nasional. Survei dilakukan untuk mendaftarkan dan mencatat ratusan ribu pengemis tersebut.

"Kemudian, pemerintah akan mengeluarkan uang untuk melatih dan merehabilitasi para pengemis itu. Mereka yang secara fisik tidak mampu akan ditampung dan diberi uang sehingga mereka bisa melanjutkan hidup tanpa mengemis lagi," kata Kabir, seperti dikutip dari laman Straits Times.

Sedangkan pengemis yang tidak cacat akan diberikan pelatihan kerja. Upaya ini merupakan bagian dari rencana pemerintah Bangladesh untuk menghapus pengemis pada tahun 2014. (kd)

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024