Hillary Clinton Kunjungi Zona Militer Korsel

Menlu Hillary Clinton mencium karangan bunga setiba di Bangkok, Thailand
Sumber :
  • AP Photo/Wason Wanichakorn

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Hillary Rodham Clinton, dan Menteri Pertahanan AS, Robert Gates, berkunjung ke perbatasan Korea Utara-Korea Selatan yang dijaga ketat, Rabu, 21 Juli 2010.

Ini merupakan kunjungan simbolis empat bulan setelah Korut diduga menenggelamkan kapal perang Korsel.

Dalam peristiwa tersebut, 46 pelaut tewas saat kapal perang Cheonan meledak di perairan dekat perbatasan maritim Korut-Korsel.

Tim penyelidik internasional menuding tembakan torpedo dari kapal selam Korut. Korut sendiri menyangkal tudingan itu dan mengancam bahwa hukuman yang dijatuhkan pada Korut akan memicu peperangan. Tenggelamnya Cheonan merupakan serangan militer terburuk sejak Perang Korea 1950-1953.

Clinton dan Gates tiba di kawasan zona militer (DMZ) di tengah hujan yang mengguyur. Clinton mengatakan, kunjungan mereka dilakukan untuk menunjukkan solidaritas sebenarnya. Clinton dan Gates juga akan mengunjungi taman makam pahlawan di mana 46 pelaut Cheonan yang tewas  dimakamkan, sekaligus memperingati Perang Korea.

Selanjutnya, kedua pejabat AS tersebut akan duduk bersama mitra diplomatik dan pertahanan dari Korsel.

"Ini adalah saatnya untuk menunjukkan dukungan penuh kami pada Korsel, mitra kami, sekaligus untuk menyampaikan pesan pada Korut," kata Clinton di Kabul, Afganistan, sebelum bertolak ke Seoul. (Associated Press)

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman
Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Panduan Lengkap Investasi Reksadana untuk Pemula, Dari A sampai Z

Bagi pemula yang ingin memulai investasi, reksadana adalah pilihan yang tepat. Reksadana menawarkan cara mudah dan menguntungkan untuk menumbuhkan uang Anda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024