Penggelap Pajak Diburu Lewat Google Earth

Google Earth
Sumber :
  • google.com

VIVAnews - Ternyata, aplikasi peta satelit Google Earth tak cuma bisa menjadi perangkat yang berguna bagi para maling untuk mengincar barang-barang yang digasaknya.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Baru-baru ini pemerintah Yunani menggunakan aplikasi besutan Google itu untuk memburu para penggelap pajak.

Menurut situs berita Der Spiegel, tim pembasmi kejahatan keuangan Yunani, SDOE, mengincar para penggelap pajak di negaranya dengan berbagai taktik, termasuk menggunakan Google Earth.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

SDOE sendiri dibentuk sejak Desember lalu oleh pemerintah Yunani yang sedang getol-getolnya memerangi para penggelap pajak. Para penyelidik pajak melakukan pendataan properti seperti rumah-rumah villa di pinggiran kota, kolam renang, dan berbagai properti lain, menggunakan Google Earth.

Ternyata, cara ini sangat efektif untuk memetakan properti milikwarga, yang tidak dilaporkan kepada negara. "Kami akan membuat para penggelap pajak semakin sulit untuk berbuat curang. Tak cuma 'ikan kecil', tapi kami akan memastikan ikan-ikan besar juga masuk ke dalam jaring," ujar Ioannis Kapeleris, pria 50 tahun yang mengepalai SDOE.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Dari sebelumnya hanya 324 kolam renang yang dilaporkan di daerah pinggiran, ternyata tim Kapeleris berhasil mendata sekitar 16.974 kolam renang.

Barangkali, cara ini juga bisa ditiru untuk memburu harta-harta gelap para pejabat korup dan penggelap pajak di Indonesia. (hs)

Kim Min-jae saat Napoli melawan Inter Milan

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Pada Senin, 22 April, Inter Milan meraih Scudetto ke-20 dalam sejarah mereka, dan cara mereka memastikannya tidak bisa lebih memuaskan lagi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024