DUNIA

Syarat Menonton Benda-benda Luar Angkasa

Bila langitnya bersih, bisa terlihat puluhan meteor per jam.
Jum'at, 13 Agustus 2010
Oleh : Renne R.A Kawilarang
Benda diduga meteor di Wisconsin, Amerika Serikat (AS)

VIVAnews - Jelang akhir pekan ini para warga di muka bumi disuguhkan tontonan menarik di langit. Di beberapa tempat, hujan meteor Perseid sudah muncul. Selain itu, bakal muncul pula sejumlah planet yang bisa disaksikan dengan mata telanjang di malam hari.

Namun, menurut laman Space.com, benda-benda angkasa itu tidak bisa disaksikan begitu saja di sembarang tempat. Waktunya harus malam hari dan tempat yang ideal harus yang gelap, jauh dari sinar lampu, dan langit pun harus bersih, serta tidak ada awan. 

"Bila langitnya bersih, para penonton bisa melihat puluhan meteor per jam antara tengah malam hingga dini hari," demikian menurut tim editor majalah StarDate.

Lokasi terbaik, menurut para pengamat, adalah yang berada jauh dari sinar lampu bangunan maupun lampu di pinggir jalan. Jangan jemu-jemu pula menyaksikan langit dari berbagai arah, karena benda-benda luar angkasa seperti meteor bisa muncul di mana saja.

Mengingat pemandangan seperti ini hanya bisa disaksikan di malam hari, maka para penonton juga harus mempersiapkan diri dengan baju hangat, selimut serta kursi.

"Rileks saja, sabar, dan biasakan mata beradaptasi dengan gelap," kata editor majalah Sky & Telescope, Robert Naeye. "Bila beruntung, Anda juga bakal melihat kilatan bintang rata-rata setiap menit," lanjut Naeye. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found