Junta Myanmar: Pemilu Tanggal 7 November

Demonstrasi pendukung Aung San Suu Kyi di Manila, Filipina
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Junta militer Myanmar (Burma) akhirnya mengumumkan tanggal pemilihan umum (pemilu). Tanggal yang direncanakan adalah 7 November 2010 dan itu bakal menjadi pemilu pertama di negara itu dalam dua puluh tahun terakhir.

Pengumuman singkat itu dilakukan melalui stasiun televisi dan radio pemerintah, Jumat, 13 Agustus 2010. Ini merupakan kali pertama junta merilis tanggal pemilu sejak tahun 1990.

"Pemilihan umum multipartai untuk memilih parlemen negara akan digelar pada hari Minggu, 7 November," bunyi pengumuman dari Komisi Pemilihan Umum Myanmar. Komisi Pemilihan Umum juga meminta partai-partai politik untuk mengajukan daftar kandidat antara 16 Agustus hingga 30 Agustus.

Menjelang pemilihan umum, junta militer telah memberlakukan berbagai hukum dan peraturan mengenai pemilu. Peraturan-peraturan itu menuai kecaman dari tahanan politik Aung San Suu Kyi dan komunitas internasional karena dianggap tidak adil dan tidak demokratis.

Partai milik Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi, memboikot pemilu. Partai itu dibubarkan pada Mei lalu karena menolak mendaftarkan diri dalam pemilu.

Peraturan pemilu menyebabkan Suu Kyi dan tahan politik lain yang jumlahnya diperkirakan mencapai lebih dari dua ribu orang, tidak bisa berpartisipasi dalam pemilu yang telah dinanti-nantikan ini. (Associated Press)

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024