NASA Cari Lagu untuk Membangunkan Astronot

Seorang astronot memperbaiki Teleskop Angkasa Luar Hubble
Sumber :
  • AP Photo/NASA

VIVAnews - Sebuah kompetisi memilih lagu untuk membangunkan para astronot dilakukan. Nantinya, astronot dari badan antariksa Amerika Serikat (NASA), akan dibangunkan dengan lagu tertentu saat mereka menjalankan misi di ruang angkasa.

Pihak NASA menggelar untuk pertama kalinya kompetisi "Wake Up Call" ini untuk membantu memilih lagu yang menarik. Lagu ini nantinya akan digunakan untuk membangunkan awak pesawat ulang alik Discovery selama dua penerbangan terakhir mereka akhir tahun ini.

Sementara itu, ada juga kompetisi “American Idol for space”. Yaitu para musisi diminta  membuat lagu baru untuk misi ruang angkasa "Endeavour" awal tahun depan. Biasanya, lagu untuk membangunkan para awak pesawat ruang angkasa dipilih oleh teman dekat atau keluarga mereka. Tetapi dengan adanya kompetisi ini, para warga biasa bisa memilih lagu yang akan masuk dalam daftar 40 lagu "Wake Up Calls”.

Pilihan lagu diantaranya lagu "Fly Me to the Moon" yang dinyanyikan Frank Sinatra, dan lagu-lagu karya U2 serta Elton John. Lagu "Countdown" dari Rush, paling  banyak dipilih setelah kompetisi diumumkan Jumat lalu, diikuti dengan lagu bertema "Star Trek" dan lagu Beautiful Day dari U2.

Dua lagu dengan suara terbanyak akan dijadikan "wake up calls" dan diputar pada akhir jadwal penerbangan pesawat ulang alik Discovery pada bulan November sebelum armada tak lagi digunakan. Untuk lagu yang menjadi pemenang dalam “American Idol for space”, akan diputar di pesawat Endeavour. Pesawat ruang angkasa tersebut baru akan diluncurkan 26 Februari 2011.

"Kami mencari tahu lagu apa yang diinginkan publik untuk diperdengarkan kepada kami. Ini menjadi pilihan sulit karena banyak lagu bagus yang dimainkan sepanjang tahun," kata Steve Lindsey, pemimpin misi pesawat Discovery, seperti dikutip dari Telegraph.co.uk.

"Kru pesawat luar angkasa benar-benar menikmati musik di pagi hari. Meskipun kita tidak memiliki kualitas pengeras suara terbaik di pesawat ruang angkasa, musik pilihan masyarakat pasti akan menarik untuk didengarkan," kata Mark Kelly, pemimpin misi Endeavour.

Alasan Yordania dan Arab Saudi Justru Bantu Israel Lawan Serangan Udara Iran

Baca juga: Dua Pernikahan Mencengangkan Dunia

Wanita merokok di Pesawat

Viral Terekam Seorang Wanita Diam-diam dan Santai Merokok di Dalam Pesawat

elum lama ini viral seorang penumpang wanita menyebabkan kehebohan setelah ditemukan merokok di dalam pesawat. Petugas bandara berhasil mengamankan penumpang yang hal itu

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024