Hotel Dekat Istana Presiden Dibom, 15 Tewas

Latihan penangkapan perompak di Mogadishu, Somalia
Sumber :
  • AP Photo/Mohamed Sheikh Nor

VIVAnews - Kelompok bersenjata Somalia menyerang sebuah hotel dekat Istana Presiden. Mereka membunuh beberapa anggota parlemen.

Peristiwa ini terjadi pada hari kedua pertempuran antara kelompok muslim militan al-Shabab dengan pasukan militer pemerintahan transisi Somalia, Selasa, 24 Agustus 2010.

Seperti dikutip dari laman BBC, sedikitnya 15 orang tewas dalam serangan di hotel Muna itu. Belum bisa dipastikan jumlah anggota parlemen yang tewas.

Seorang anak berusia sebelas tahun yang bekerja sebagai tukang semir dan seorang perempuan penjual teh di depan hotel juga menjadi korban tewas.

Hotel Muna terkenal sering diinapi staf pemerintah karena berada di kawasan pemerintahan dan pengamanannya ketat. Namun, para penyerang tiba-tiba mendekati hotel, menembaki seorang penjaga, kemudian salah satu di antara pelaku meledakkan diri sendiri di dalam bangunan hotel.

Al-Shabab memulai serangan pada Senin sore. Sedikitnya 40 orang tewas dalam pertempuran dan lebih dari 130 orang terluka akibat tembakan peluru ke kawasan pemukiman penduduk.

Kelompok al-Shabab terlibat dalam dua pengeboman di ibukota Uganda saat final Piala Dunia bulan lalu. Pengeboman dilakukan untuk membals dendam atas pengerahan pasukan Uganda ke Somalia bersama pasukan Uni Afrika. (umi)

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi
Cawapres Gibran

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Demo di Gedung MK, Begini Pesan Cawapres Terpilih

Peserta aksi diminta tidak mengganggu masyarakat di sekitar lokasi demo.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024