DUNIA

Ini Foto Terbaru Bangkai Kapal Titanic

Sepasang robot mengambil ribuan foto dan video Titanic yang kini berada di dasar laut.
Senin, 30 Agustus 2010
Oleh : Elin Yunita Kristanti
Foto terbaru bangkai Kapal Titanic (1)

VIVAnews - Meski ratusan tahun tenggelam, Kapal Titanic masih tetap memesona. Kepopuleran Titanic juga dibangkitkan oleh film Hollywood, 'Titanic' besutan sutradara, James Cameron -yang bercerita tentang romantika di kapal pesiar paling mewah di zamannya itu.

Saat ini, sekelompok ilmuwan sedang melakukan ekspedisi ke bangkai kapal ini di dasar Laut Atlantik Utara. Mereka akan membuat peta tiga dimensi, yang akan "membangkitkan kembali" Titanic.

Seperti dimuat situs Daily Mail, Senin 30 Agustus 2010, tim ilmuwan mengeluarkan foto-foto terbaru bangkai Titanic.

Tim menggunakan sepasang robot untuk mengambil ribuan foto dan video bangkai kapal yang terbaring di dasar laut sedalam 4 kilometer.

Foto-foto beresolusi tinggi itu termasuk haluan kapal, pagar kapal, dan jangkar.

Ekspedisi ini meninggalkan Newfoundland awal bulan menuju ke lokasi tenggelamnya Titanic -- yang menabrak gunung es pada 1912 dan tenggelam. Saat itu, lebih  dari 1.500 penumpang dan awak tewas, tragisnya, pada pelayaran perdana kapal itu.

Para ilmuwan menggunakan teknologi pencitraan dan perangkat sonar yang tidak pernah digunakan sebelumnya untuk memindai bangkai Titanic.

Ekspedisi ini merupakan kerjasama dari  antara RMS Titanic Inc -- yang memiliki hak eksklusif untuk menyelamatkan bangkai kapal -- dan Woods Hole Oceanographic Institution di Massachusetts.

Salah satu anggota tim ekspedisi Titanic dalam sebuah pernyataan mengatakan, saat ini mereka terpaksa kembali ke Newfoundland karena angin laut kencang akibat angin topan Danielle.

Ekspedisi tidak akan mengumpulkan artefak tetapi dijadwalkan untuk menyelidiki dua sampai lima kilometer puing-puing di mana ratusan ribu artefak tergeletak di sana.

Sejak ahli kelautan Robert Ballard dan tim internasional menemukan Titanic pada tahun 1985, banyak ekspedisi dilakukan, ada yang bertujuan mengambil foto bangkai atau mengumpulkan ribuan artefak --  seperti porselen halus, sepatu dan perlengkapan kapal.

Sutradara "Titanic", James Cameron juga memimpin tim ke bangkai kapal -- merekam haluan dan buritan, yang patah selama proses tenggelamnya Titanic.

Foto terbaru bangkai Kapal Titanic (3)

 

Foto terbaru bangkai Kapal Titanic (2)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found