Diduga Nepotisme, Menlu Korsel Pilih Mundur

Yu Myung-hwan
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Korea Selatan (Korsel), Yu Myung-hwan, memilih mundur dari jabatannya, Sabtu 4 Agustus 2010. Rupanya, Yu mengaku malu setelah muncul dugaan bahwa putrinya bisa dengan mudah menduduki posisi strategis di kementrian luar negeri yang dia pimpin. Pencapaian itu bukan karena kemampuannya, melainkan lebih karena "status ayahnya."

Yu rupanya merasa risih dengan tuduhan nepotisme terkait dengan perekrutan putrinya itu. Demikian ungkap juru bicara Kementrian Luar Negeri Korsel, Kim Young-sun.

"Menteri Yu memutuskan untuk mundur secara sukarela karena dia merasa tidak enak dengan rakyat atas masalah yang timbul akibat perekrutan putrinya," kata Kim yang dikutip kantor berita Korsel, Yonhap.

Menurut seorang sumber Yonhap, Presiden Lee Myung-bak kemungkinan meluluskan pengunduran diri Yu. Padahal, Yu saat ini dikenal sebagai menteri terlama yang menghuni kabinet pimpinan Lee. Yu mulai menjadi menteri pada Februari 2008, atau saat Lee mulai bekerja sebagai presiden baru Korsel.   

Dugaan nepotisme yang menimpa Yu muncul saat Presiden Lee memerintahkan audit atas perekrutan pegawai baru Kementrian Luar Negeri (Kemlu). Diketahui, putri Yu bisa langsung menduduki jabatan menengah di Kemlu untuk urusan perdagangan bebas tanpa melalui prosedur yang berlaku. 

Pengunduran diri Yu itu terjadi saat Korsel justru tengah bersiap menjadi tuan rumah forum elit Kelompok G-20 pada November mendatang. Selain itu, diplomasi Korsel juga terlibat dalam isu keamanan di Semenanjung Korea yang melibatkan China dan Korea Utara. (Associated Press)


Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama
Ilustrasi pria mengalami disfungsi ereksi

Terpopuler: Kebiasaan yang Buat Pria Disfungsi Ereksi sampai Negara yang Diramalkan Hilang dari Peta

Round-up dari kanal Lifestyle pada Kamis, 18 April 2024. Salah satunya tentang kebiasaan yang buat pria bisa disfungsi ereksi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024