09/09/09, Tanggal Spesial Bagi Negara Komunis

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il (tengah)
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Setahun yang lalu, Korea Utara (Korut) merayakan ulang tahun ke-61 pada tanggal yang spesial, 9 September 2009 atau disingkat dengan 09/09/09. Seperti biasa, tayangan televisi setempat dipenuhi lagu-lagu patriotik dan pujian untuk pemimpin Kim Jong-il dan kebijakan militernya.

Televisi pemerintah Korut memutar lagu patriotik yang menyerukan kesetiaan untuk Kim yang telah "membangun surga di Semenanjung Korea." Lagu itu mengiringi video yang menunjukkan warga berbaris di jalanan dan berkumpul di plasa-plasa untuk merayakan hari libur nasional ini. Video diambil dari perayaan tahun-tahun sebelumnya.

Perdana Menteri Kim Yong Il mengatakan kebijakan 'Songun' (utamakan militer) yang dicanangkan Kim Jong-il telah mendorong kekuatan nasional di dunia internasional. Songun, menurut Kim, membawa Korut bergerak menuju kebangkitan negara sosialis.

"Songun membuat Korut berada di puncak sebagai kekuatan politis, ideologis, militer, dan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga menyebabkan kecemburuan dari seluruh dunia," kata dia.

Perayaan ulang tahun Korut diselenggarakan di tengah tekanan dunia internasional agar Korut menghentikan program nuklir mereka. Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara tetangga Korut mendesak agar negara komunis ini kembali mengikuti Forum Enam Negara.

Tahun ini, Korut membuat situasi di Semenanjung Korea memanas dengan melakukan percobaan nuklir bawah tanah, peluncuran roket, dan uji coba rudal jarak dekat. Tindakan ini membuat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB) memperketat sanksi terhadap Korut. (Associated Press)

Ramalan Zodiak Selasa 16 April 2024: Scorpio Bertemu Kenalan Lama, Ada Masalah Serius untuk Aquarius
Anies Baswedan bersama Surya Paloh saat menghadiri buka puasa bersama Nasdem

NasDem Sebut Surya Paloh Restui Jika Anies Ingin Maju di Pilkada DKI 2024

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memberikan restu kepada Anies Baswedan maju Pilkada DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024