Vatikan: Tercela, Rencana Bakar Qur'an

Paus Benediktus XVI menyalami Presiden Palestina, Mahmoud Abbas
Sumber :
  • AP Photo/Muhammed Muheisen

VIVAnews - Otoritas Gereja Katolik di Vatikan mengecam rencana seorang pemimpin sekte Evangelis di Amerika Serikat (AS) untuk menggelar aksi bakar al-Quran pada 11 September 2010. Menurut Vatikan, rencana Pendeta Terry Jones itu "tercela dan berbahaya."

Demikian pernyataan Vatikan melalui Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, Rabu, 8 September 2010. "Setiap agama berhak untuk menghormati dan melindungi kitab suci, tempat ibadah, dan simbol keagamaan masing-masing," ujar Vatikan.

Vatikan pun sama sekali tidak bisa menerima alasan Jones bahwa pembakaran kitab suci itu dalam rangka memperingati tragedi serangan teroris di Amerika Serikat pada 11 September 2001. "Serangan teror itu tidak boleh dibalas dengan sikap yang tercela dan berbahaya atas suatu kitab yang dipandang suci oleh para pemeluk agama yang bersangkutan," ujar Vatikan.

Penolakan umum terhadap kegiatan ini telah dikeluarkan oleh berbagai organisasi keagamaan di AS termasuk oleh: National Association of Evangelicals (NAE – Asosiasi Evangelis Nasional), the Southern Baptist Convention (Konvensi Baptis Selatan), the Anti-Defamation League (Liga Anti-Penghujatan) dan bahkan oleh gereja-gereja lain di Gainesville, Florida.

Komandan Pasukan AS di Afghanistan, Jenderal David Petraeus, mengecam keras rencana ini dan para aparat pemerintah lokal di Gainesville telah berusaha untuk mencegah dilaksanakannya kegiatan keji yang tidak menghormati toleransi antaragama ini. Penolakan juga dilontarkan Menteri Luar Negeri AS dan Sekretaris Jenderal PBB serta komunitas lintas agama di manca negara. (Associated Press)

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024