SBY Surati Obama Cegah Rencana Bakar Qur'an

Lawatan Obama ke Asia: Obama dan SBY
Sumber :
  • AP Photo/Charles Dharapak

VIVAnews - Rencana aksi bakar Al Qur'an yang digagas Terry Jones, pendeta pemimpin sekte Evangelis yang berbasis di Florida, terus menuai kecaman dari masyakarat dunia. Tak terkecuali dari Indonesia.

Kasus ini membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengirim surat kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama. SBY meminta Obama mencegah aksi yang direncanakan Terry dan kelompoknya pada 11 September mendatang.

Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi dan Media, Heru Lelono, mengatakan, "Isinya mengingatkan untuk dapat mencegah dan menghentikan Terry Jones yang berencana melakukan pelecehan terhadap kitab suci umat Islam dengan membakar Al Qur'an."

Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia akan mengutuk bila aksi Terry Jones sampai berlangsung. "SBY mengingatkan bahwa apabila hal tersebut terjadi, bisa mengancam perdamaian dunia," ucap Heru.

Kapan surat dikirimkan SBY kepada Obama?

Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 

"Kemungkinan hari ini sudah meluncur," kata Heru.

Sabtu besok, 11 September, persis di hari peringatan aksi serangan teroris Al Qaidah yang meluluhlantakkan menara kembar World Trade Center di New York sembilan tahun silam, Terry berniat memimpin aksi pembakaran Al Qur'an di markasnya di Gainesville, Florida. Kebetulan pada tanggal itu pula masyarakat Muslim di seluruh dunia sedang merayakan Idul Fitri.

Aksi provokatif Terry Jones itu memancing gelombang protes di seluruh dunia. Bukan saja kaum Muslim yang meradang, tapi juga umat beragama lain, termasuk Kristen dan Yahudi. (kd)

Bandara di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), tergenang banjir 17/4

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Banjir bandang yang merendam Dubai, Uni Emirat Arab pada 16 April 2024, berdampak pada penerbangan beberapa maskapai menuju Bali.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024