Demo Bakar Quran di Afganistan, 3 Tertembak

Presiden Afganistan, Hamid Karzai.
Sumber :
  • AP Photo/Musadeq Sadeq

VIVAnews - Ribuan warga Afganistan di berbagai kota turun ke jalan memprotes rencana pembakaran Al Qur'an di Florida yang telah ditangguhkan penggagasnya, Pendeta Terry Jones. Demonstrasi itu memakan korban. Tiga orang tertembak di salah satu unjuk rasa yang berlangsung di Afganistan Timur Laut, di dekat sebuah pangkalan NATO.

Sementara itu, Presiden Afganistan Hamid Karzai menyatakan ulah Pendeta Terry Jones di Gainesville, Florida, adalah penghinaan terhadap Islam.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Di ibukota Provinsi Badakhshan, Faizabad, menurut kepala polisi setempat kepada BBC, sekitar 1.500 orang turun ke jalan untuk menggelar protes.

Protes yang lebih kecil juga terjadi di kota itu, ketika sekitar 150 orang melemparkan batu dan berusaha memanjat dinding sebuah fasilitas NATO yang dijaga tentara Jerman. Kepala polisi Faizabad mengatakan kepada BBC, penjaga keamanan swasta terpaksa menembak para demonstran sehingga melukai tiga orang.

Demonstrasi juga terjadi di ibukota Provinsi Nimruz, Zaranj; di Provinsi Kunar; di Provinsi Nangarhar; dan Provinsi Parwan di utara Kabul. Juga, aksi protes terjadi di Provinsi Baghlan, Kunduz dan Balkh. Afganistan mempunyai 34 provinsi. Kabul juga dilanda berbagai unjuk rasa sepanjang minggu ini.

Ketika menyampaikan pesan Idul Fitri, Presiden Karzai mengatakan, "Kita mendengar bahwa di Amerika ada pendeta yang berniat menghina Al Qur'an. Meski sekarang aksi itu tidak jadi dilakukan, kita katakan kepada mereka bahwa seharusnya mereka sama sekali tak boleh berpikir untuk melakukannya."

Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam

Presiden Karzai melanjutkan, "Dia tidak akan mencederai Al Qur'an dengan membakarnya. Al Qur'an berada di hati sanubari 1,5 miliar orang. Penghinaan terhadap Al Qur'an merupakan penghinaan terhadap berbagai bangsa." (kd)

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024