Cina Siap Lawan Perompak

VIVAnews - Tiga kapal perang angkatan laut Cina tengah bersiap ke Somalia guna melindungi kapal-kapal Cina dari serangan perompak laut.

Dua kapal perusak dan satu kapal suplai akan segera meninggalkan pelabuhan Sanya, Hainan. Mereka akan bergabung dengan kapal perang negara lain untuk melakukan patroli laut bersama.

Menurut  catatan BBC, Kamis 26 Desember 2008, ini merupakan pengalaman pertama kapal perang Cina berpatroli di luar lautan Pasifik.

Sementara, sepanjang tahun ini di laut Somalia dan Teluk Aden, telah terjadi lebih dari 100 serangan perompak laut.

Pada hari Kamis kemarin, angkatan laut Jerman berhasil menggagalkan upaya bajak laut membajak kapal pengangkut barang milik Mesir di kawasan Somalia.

Sebelumnya, enam kapal bajak laut berhasil ditangkap anak buah kapal jenis perusak milik Jerman, Karlshure, di Teluk Aden. Walau demikian para bajak laut itu langsung dilepas karena perintah langsung pemerintah Jerman.
 
Sedangkan komandan kapal perang Cina, Read Adm Du Jingchen, mengatakan, awak kapalnya siap menjalani misi sulit dalam jangka panjang atau pendek.

Walau demikian, pejabat di kementerian pertahanan berkeras China masih menganut paham tidak ikut campur urusan negara lain.

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU
Ilustrasi Gelombang Tinggi

BMKG Peringatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

BMKG mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan badai atau hujan yang dapat disertai petir atau kilat di sejumlah titik di 27 provinsi di Indonesia pada Kamis.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024