Penobatan 7 Keajaiban Dunia di Indonesia?

Pantai Pasir Pink di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Indonesia tengah membidik untuk menjadi tuan rumah deklarasi penobatan pemenang tujuh keajaiban alam dunia yang akan diselenggarakan pada 11 November 2011 atau 11.11.11.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Pemerintah telah menyediakan anggaran US$7-10 juta agar Indonesia bisa mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah ajang bergengsi itu.

Indonesia telah memasukkan Pulau Komodo sebagai calon tujuh keajaiban alam dunia. Dari 440 peserta yang mewakili lebih dari 220 negara, Pulau Komodo terpilih sebagai 28 finalis.

"Indonesia adalah calon kuat untuk menjadi tuan rumah penyelenggara event internasional yang mirip Piala Dunia ini," kata Direktur New7Wonders, Jean Paul de la Fuente, di Kementerian Koordinator Perekonomian, Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat 1 Oktober 2010.

Menurut JP, panggilan Jean Paul, Indonesia akan bersaing dengan tiga negara yang sudah menyampaikan keinginannya menjadi tuan rumah. Meski belum bersedia menyebut nama, tiga saingan itu adalah negara di kawasan Amerika Selatan, Arabia, dan satu negara di Asia. "Indonedia memiliki peluang yang sangat bagus," katanya.

Sementara itu, Direktur Sarana Promosi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Esthy Reko Astuti, mengatakan, masuknya Pulau Komodo sebagai kandidat tujuh keajaiban dunia akan berdampak positif bagi pembangunan, khususnya pariwisata.

"Manfaat dari penunjukan itu adalah image Indonesia sebagai negara yang concern pada reservasi alam makin tinggi," katanya.

Esthy menambahkan, tahun ini Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata telah menganggarkan Rp4 miliar untuk kegiatan promosi Pulau Komodo menjadi tujuh keajaiban alam dunia. Tahun depan, pemerintah berharap dapat menyetujui usulan anggaran promosi sebesar Rp6 miliar guna menyukseskan masuknya Pulau Komodo tersebut.

"Sesuai ketentuan, kami harus melakukan tour ke dunia agar bisa menjadi host penyelenggaraan event ini sekaligus mempromosikan Pulau Komodo," katanya.

Sebagai catatan, Pulau Komodo bersaing dengan 27 calon keajaiban dunia lain sebagai finalis. Di antara 27 keajaiban alam itu terdapat situs Great Barier River, Amazone, Kilimanjoro, Sunderbhan, Angel Falls, dan Bay of Fundy.

Untuk bisa memenangkan Pulau Komodo, masyarakat cukup dengan memilih situs alam tersebut melalui telepon, layanan pesan singkat (SMS), maupun internet dengan masuk ke situs www.new7wonders.com.

Dirut Brainworks, Ermiel Thabrani, mengatakan, untuk memenangkan Pulau Komodo ada dua cara yaitu dengan menjadi penyelenggara dan memobilisasi masyarakat untuk memilih Pulau Komodo.

"Seandainya saja dalam 12 bulan ke depan satu orang Indonesia mengirim satu SMS, suara untuk Komodo sudah lebih dari satu miliar," ujar Ermiel. (art)

Ilustrasi Mobil Patroli Polisi

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya

Seorang jambret membawa kabur mobil patroli polisi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis, 28 Maret 2024 dini hari. Aksi jambret ini viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024