China Tahan Istri Penerima Nobel Perdamaian

Liu Xiaobo
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Polisi China menahan istri seorang pembangkang yang baru-baru ini ditunjuk sebagai pemenang Nobel Perdamaian Dunia,  Liu Xiaobo. Perempuan bernama Liu Xia ditahan beberapa jam setelah dia mengunjungi suaminya di penjara,  Jumat, 8 Oktober 2010. Ketika itu, Xia baru saja memberitahu Xiaobo bahwa dia dinobatkan sebagai penerima Nobel Perdamaian 2010.

Xia sempat dikabarkan menghilang. Namun, pihak berwenang mengungkapkan bahwa perempuan itu kini menjalani tahanan rumah tanpa menerima dakwaan apapun. Dia tidak diperbolehkan menerima tamu dan dilarang menggunakan telepon.

Satu-satunya penghubung Xia dengan dunia luar saat ini adalah melalui akun Twitter di internet. Demikian pernyataan dari organisasi HAM yang berbasis di AS, Freedom Now, Minggu 10 Oktober 2010. Tidak jelas, sampai kapan Xia menjalani tahanan rumah

Menurut juru bicara Freedom Now, Beth Schwanke, Xia tadinya diperbolehkan pemerintah China untuk menemui suaminya, yang tengah mendekam di penjara yang terletak di luar Ibukota Beijing. Xia bahkan diperbolehkan memberitahu suaminya bahwa dia dinobatkan menerima Nobel Perdamaian, seperti yang diterima Presiden AS, Barack Obama, tahun lalu.

“Liu Xiaobo menangis ketika mendengarnya dan mengatakan 'ini untuk para martir di Lapangan Tiananmen,'” ujar Schwanke seperti dilansir dari stasiun berita CNN. Schwanke merujuk kepada pembantaian para demonstran pro-demokrasi di Lapangan Tiananmen, Beijing, pada 1989.

Namun sekembalinya Xia ke Beijing, tutur Schwanke, dia tidak diperbolehkan meninggalkan apartemennya. Tidak ada yang diperbolehkan untuk menemuinya. Telepon  Xia juga telah dihancurkan oleh polisi China. Namun, Xia masih memiliki akses untuk menggunakan akun Twitternya.

“Saudaraku, saya telah kembali. Saya menjalani penahanan rumah sejak tanggal 8 dan tidak tahu kapan akan menemui kalian lagi. Mereka merusak telepon genggamku sehingga saya tidak dapat menerima atau menghubungi siapapun,” tulis Xia di Twitter.

Sejak suaminya memperoleh Nobel Perdamaian 2010, Xia memperoleh 1.000 pengikut baru di akun Twitternya. Pada akunnya, Xia juga mengatakan telah mengunjungi suaminya, dan mereka akan membicarakan masa depan nanti.

“Liu Xia mendapat tekanan yang berat. Kami harap para pemimpin dunia mengutuk tindakan memalukan yang dilakukan oleh pemerintah China dan mendesak pembebasan Liu Xia secepatnya dan tanpa syarat,” ujar Yang Jianli, anggota tim pembela Liu Xiaobo dari Freedom Now.

Nobel perdamaian diberikan oleh komite Nobel di Oslo, Norwegia Jumat lalu kepada Xiaobo karena dinilai seorang aktivis perdamaian yang cukup vokal. Xiaobo tengah mendekam di penjara setelah dinyatakan bersalah dalam kasus subversi karena menyusun dan menyebarkan dokumen bernama "Piagam 08."

Menurut kantor berita Associated Press, dokumen itu menyerukan reformasi politik secara menyeluruh di China, termasuk adanya kebebasan berkumpul, berekspresi, dan memeluk agama. Konsekuensinya, Xiaobo diganjar hukuman penjara sebelas tahun oleh pemerintah China. Vonis itu dijalani Xiaobo

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024