12 Oktober 2009

Perempuan Pertama Pemenang Nobel Ekonomi

Elinor Ostrom
Sumber :

VIVAnews - Pada setahun yang lalu, Elinor Ostrom menjadi perempuan pertama yang memenangkan penghargaan Nobel bidang ekonomi.

Perempuan asal Amerika Serikat (AS) ini meraih hadiah Nobel atas karyanya mengenai kekuasaan ekonomi. Ostrom memenangkan Nobel bersama rekannya yang juga berasal dari AS, Oliver Williamson.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC, hadiah Nobel dalam Ilmu Ekonomi merupakan hadiah Nobel terakhir dari enam penghargaan Nobel yang diumumkan tahun ini. Sejak 1980, hadiah Nobel itu selalu dimenangkan oleh warga AS, yakni sebanyak 24 kali.

Hadiah Nobel bidang ekonomi ini diciptakan pada 1968 oleh bank sentral Swedia untuk mengenang Alfred Nobel. Royal Swedish Academy of Sciences menyebut karya Professor Ostrom, pengajar di Universitas Indiana, mendemonstrasikan bagaimana properti biasa bisa dikelola dengan baik oleh kelompok yang menggunakannya.

Kepada stasiun televisi Swedia, Ostrom mengaku terkejut karena menjadi perempuan pertama yang menerima hadiah Nobel tersebut. "Menang adalah kejutan yang sangat luar biasa," kata Ostrom. Pekan lalu, Presiden Barack Obama dianugerahi Penghargaan Nobel Perdamaian meski kemudian memunculkan kontroversi.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten
Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024