Indonesia Tawarkan MRT ke Jepang

Maket MRT Jakarta
Sumber :
  • MRT Jakarta

VIVAnews - Indonesia akan menawarkan proyek Mass Rapid Transit (MRT) kepada Jepang. Tidak hanya itu, Indonesia juga akan menawarkan kerja sama investasi enam koridor ekonomi Indonesia.

Ke enam koridor itu Lintas Timur Sumatera-Banten, Pantura-Jawa, Lintas Kalimantan, Lintas barat Sulawesi, Jawa Timur-Bali-NTT, dan Papua. Penawaran tersebut akan dilakukan ketika Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan beberapa menteri melawat ke JepangĀ  pada 14-16 Oktober mendatang.

Rencananya, dalam pertemuan tersebut Hatta beserta rombongan akan membahas berbagai investasi. "Termasuk MRT. Sekarang MRT tahap satu akan diperluas," kata Hatta di Jakarta, Rabu 12 Oktober 2010. Selain itu, kedua negara juga akan membahas infrastuktur di kawasan metropolitan, seperti mengatasi kemacetan.

Hatta menginginkan dalam enam koridor ekonomi itu terdapat kerjasama yang kongret, seperti pendanaan langsung terhadap pembangunan infrastruktur. "Dari enam koridor ekonomi, kita ambil modelnya Jawa," ujarnya.

Selama ini studi enam koridor itu sudah selesai dilakukan, "Tinggal bagaimana implementasinya. Saya inginkan itu," ujarnya.

Dalam pertemuan itu Hatta juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang dan Kadin Jepang. Hatta juga membahas pembiayaan energi panas bumi. Selain itu, Indonesia akan berbicara mengenai kerja sama pelabuhan dan menawarkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”
Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024