DUNIA

Hizbullah Hadiahi Ahmadinejad Senapan Israel

“Saya menyambutmu, saudaraku, yang berada di belakang perlawanan para pejuang tertindas"
Jum'at, 15 Oktober 2010
Oleh : Renne R.A Kawilarang, Denny Armandhanu
Mahmoud Ahmadinejad menerima cenderamata senapan serbu dari pemimpin Hisbullah

VIVAnews - Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menerima cenderamata istimewa dari pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, di tengah lawatan di Lebanon, Kamis 14 Oktober 2010. Hadiah itu berupa sepucuk senapan serbu milik seorang tentara Israel, yang direbut Hizbullah dalam perang tahun 2006.

Kantor berita Iran, IRNA, peristiwa itu berlangsung saat Ahmadinejad dan Nasrallah bertemu di Kedutaan Besar Iran di ibukota Lebanon, Beirut. Mereka membicarakan kunjungan bersejarah Ahmadinejad dan perkembangan di kawasan tersebut.

Kemunculan Nasrallah ini sangat jarang terjadi, karena pemimpin Hizbullah ini lebih banyak menghabiskan waktunya di bunker rahasia sejak pertempuran antara Hizbullah dengan angkatan bersenjata Israel di Lebanon selatan pada 2006.

Sebelumnya, Nasrallah pada Rabu kemarin menyambut kedatangan Ahmadinejad melalui sebuah rekaman video. Sebagai pemimpin negara yang mendukung Hizbullah, Ahmadinejad sudah disambut secara khusus oleh ribuan pengikut Nasrallah.

“Saya menyambutmu, saudaraku, yang berada di belakang perlawanan para pejuang yang tertindas,” ujar Nasrallah pada video tersebut.

Sebelum mengakhiri kunjungan dua hari di Lebanon, Kamis 14 Oktober 2010, Ahmadinejad mengatakan bahwa rakyat di Lebanon selatan menjadi penentu masa depan kawasan tersebut. Dia mengatakan bahwa rakyat Lebanon telah menentukan sikapnya dalam melawan Israel dalam memperebutkan wilayah itu.

“Tidak ada seorang pun yang punya hak untuk memutuskan nasib mereka, karena mereka sendirilah yang akan menentukannya,” ujar Ahmadinejad yang dikutip dari laman stasiun televisi Press TV.

Selama di Lebanon, Ahmadinejad bertemu dengan para pejabat tinggi, pemimpin politik, akademisi dan mahasiswa di negara tersebut. Ahmadinejad juga berpidato di kota Beirut dan Bint Jbeil di selatan Lebanon yang berbatasan dengan Israel. Pada Kamis malam, Ahmadinejad kembali ke negaranya.

TERKAIT
    Error

    An Error Was Encountered

    The configuration file ../../shared/config/ads/Array.php does not exist.