Malaysia-Singapura Keluhkan 'Impor' Asap RI

Kabut asap selimuti Kota Moskow, Rusia
Sumber :
  • AP Photo/ Pavel Golovkin

VIVAnews -- Malaysia terkepung asap yang diduga imbas kebakaran hutan di sejumlah wilayah di Sumatera.  Deputi Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin sampai turun tangan. Instruksi pun dikeluarkan.

"Kalau sudah masuk tahap bahaya, pihak sekolah, termasuk guru bisa mengambil langkah penutupan sekolah sementara," kata dia, seperti dimuat situs Bernama, Rabu 20 Oktober 2010 malam.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Ini demi kesehatan para siswa. Sebab indeks polusi udara atau Air Pollutant Index (API) sudah mencapai angka 400 alias parah.

Muhyiddin menambahkan, meskipun nantinya indeks API turun di bawah angka 300, para pelajar di Distrik Muar diimbau untuk tidak melakukan aktivitas ekstrakulikuler di luar ruangan. "Penduduk Muar secara keseluruhan diminta memakai masker untuk melindungi kesehatan."

Ditambahkan dia, Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Malaysia, Datuk Douglas Uggah telah mengontak menteri terkait dari Indonesia -- minta masalah asap segera ditanggulangi.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, asap berasal dari Indonesia. Kita tak ingin menuduh, yang paling utama adalah melakukan aksi sebelum asap menyebar dan makin mengganggu," tambah Muhyiddin.

Kemerosotan kualitas udara dirasakan sejak Sabtu (16/10) lalu hingga kini di Malaysia, terutama di wilayah utara Johor, Melaka, Negeri Sembilan dan Selangor.

Asap juga mengganggu jarak pandang. Badan Meteorologi Malaysia mengatakan jarak pandang di siang hari di beberapa kawasan hanya empat sampai 7 kilometer.

Tak hanya Malaysia yang mengeluhkan asap. Juga Singapura. Negeri Singa Merlion itu mengalami tingkat polusi asap terburuk pada Rabu (20/10) kemarin.

Asap yang menyelimuti udara bakal terus bertahan sampai Sabtu besok.

Indek Standar Polusi atau Pollutant Standards Index (PSI) menembus angka 80 Rabu kemarin. Ini rekaman terburuk sejak 2006. 

Seperti dimuat Straits Times, Kamis 21 Oktober 2010, Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Air Singapura, Yaacob Ibrahim mengatakan, pihaknya meminta perhatian pemerintah Indonesia 'lebih keras' jika situasi makin memburuk.

Berdasarkan data satelit yang dikeluarkan "ASEAN Specialised Meteorological Centre", ada peningkatan titik api di Sumatera. Pada Selasa 19 Oktober 2010, ada 358 titik api.

Pemerintah Riau sudah meminta pemerintah pusat melakukan hujan buatan untuk mematikan 144 titik api di wilayah tersebut.

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024