Kabut Asap Memburuk, Singapura Mengeluh ke RI

Ilustrasi keramaian.
Sumber :
  • the-inncrowd.com

VIVAnews - Kalangan pejabat Singapura kian gusar dengan memburuknya kualitas udara di negeri mereka akibat kiriman kabut asap kebakaran dari Indonesia. Maka, pemerintah Singapura meminta Indonesia untuk segera mengatasi masalah kebakaran lahan atau hutan di Sumatera, yang setiap tahun terus berlangsung.

Laman harian The Straits Times mengungkapkan bahwa indeks standar polusi (PSI) atas kualitas udara di Singapura kian parah. Pada Jumat pukul 8 pagi waktu setempat, tingkat PSI mencapai angka 90, atau sudah masuk dalam katagori tidak sehat.

Bahkan pada Kamis sore, tingkat PSI mencapai 108. Ini adalah angka tertinggi sekaligus terburuk sejak 2006.

Itulah sebabnya sejumlah menteri Singapura mulai menghubungi pemerintah Indonesia. Menteri Lingkungan Hidup Singapura, Yacoob Ibrahim, telah menghubungi mitranya dari Indonesia, Gusti Muhammad Hatta, untuk mengungkapkan kekecewaannya serta mendesak pemerintah Indonesia untuk mengambil tindakan.

Yacoob mengatakan bahwa kabut asap akan semakin memburuk jika Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia tidak melakukan tindakan secepatnya untuk memadamkan titik api di Sumatera. Yacoob juga mendesak Indonesia untuk mengalokasi secepatnya sumber daya yang diperlukan dan segera melakukan tindakan yang cepat dan terukur serta efektif untuk mengatasi kabut asap yang juga menimpa Malaysia ini.

Yacoob juga sekali lagi menyampaikan bahwa Singapura siap membantu Indonesia dalam pemadaman titik api, yang diyakini terdapat lebih dari 100 titik di Sumatra. Titik-titik api ini timbul akibat pembakaran hutan untuk membuka lahan oleh para peladang dan perusahaan perkebunan.

Selain Yacoob, Menteri Luar Negeri Singapura George Yeo juga akan menyampaikan keluhan serupa kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa. Kedutaan Besar Singapura di Indonesia juga telah diinstruksikan untuk memberitahukan kepada Kemlu Indonesia mengenai keinginan Yeo untuk berbicara dengan Menlu Natalegawa.

Selain Singapura, sebagian wilayah di Malaysia pun mengalami masalah serupa.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024