Foto: Perang Antar Mafia di Meksiko

Polisi Meksiko berjaga-jaga di suatu lokasi kejahatan di Kota Ciudad Juarez
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Meksiko kian gencar berperang dengan para kartel obat bius. Tahun ini saja, sudah lebih dari 10.000 kasus pembunuhan terkait dengan jaringan peredaran narkoba.

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Foto-foto perang melawan kartel narkoba di Meksiko bisa dilihat pada klik ini

Korban tewas tidak saja antaranggota gang, namun juga para penegak hukum dan pejabat pemerintah. Itulah sebabnya Presiden Meksiko, Felipe Calderon, sampai mengerahkan tentara untuk membantu polisi memberantas para kartel yang telah merajalela.

Menurut stasiun televisi CBS News, pemerintah Meksiko telah mengerahkan 45.000 aparat keamanan, baik tentara dan polisi, ke 18 negara bagian di Meksiko untuk memerangi jaringan mafia obat bius.

Calderon baru-baru ini juga meresmikan suatu bunker yang menjadi pusat komando intelijen untuk melancarkan perang berbahaya itu. Berlokasi di suatu tempat yang dirahasiakan di Mexico City, bunker senilai US$100 juta itu akan menjadi pusat  membasmi jaringan narkoba di Negeri Sombrero itu.

"Pokoknya saya ingin mereka diatasi dengan segala cara," kata Calderon. Dia geram karena dalam empat tahun terakhir sudah lebih dari 28.000 orang tewas akibat konflik ini.
 
"Perang ini membutuhkan uang, waktu, dan bahkan nyawa," kata dia. Tahun ini saja sudah lebih dari 10.000 kasus pembunuhan, naik 53 persen dari data 2009. Maka 2010 merupakan tahun berdarah bagi Meksiko dalam perang melawan jaringan narkoba.  (umi)

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024