Cara Hindari Hewan Kurban Tertular Anthraks

Hewan kurban
Sumber :
  • Iwan Heriyanto | Surabaya Post

VIVAnews - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor memastikan ada sepuluh wilayah di Kabupaten Bogor menjadi daerah endemik Anthraks. Bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha, pengawasan hewan kurban akan dilakukan hingga proses pemotongan.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Bogor, Ramillah Nasution, perlakuan tidak baik terhadap hewan kurban setelah disembelih dapat mempercepat penyebaran penyakit.

Ramillah menambahkan, perhatian yang sangat serius harus dilakukan pada hewan kurban sebelum dan sesudah dipotong. Hal ini untuk menghindarkan dari efek lain dari kegiatan penyembelihan massal.

Darah hewan kurban harus ditampung pada lubang sedalam 1 meter dengan diameter 1,5 meter yang jumlah maksimalnya harus 10 hewan. Setelah itu, darah hewan harus dikubur dengan menaburkan tawas.

Dari catatan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor. Ada sepuluh daerah yang masuk dalam kawasan edemis Antrak. Daerah Citeureup, Babakan Madang, Jonggol, Cileungsi, dan Gunung Putri.

Pemeriksaan hewan kurban dianggap tidak efektif bila penanganan hewan setelah dipotong tidak dilakukan dengan baik.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor bersama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) juga mengimbau agar daging kurban tidak dimasukkan dalam kantung kresek berwarna hitam.

Dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Yusuf Ridwan, menyatakan tas kresek berwarna hitam mengandung zat pewarna yang bisa tercampur dengan daging dan disinyalir mengandung zat karsinogen yang bisa menyebabkan kanker.

Laporan: Ayatullah Humaeni| Bogor

Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya
Cha Eun Woo Fan Concert

Cha Eun Woo Nyanyikan Lagu-Lagu Album Entity Saat Fan Concert di Jakarta

Cha Eun Woo mengungkapkan acara kali ini sangat spesial karena bukan hanya fan meeting biasa melainkan fan concert, ia akan menyanyikan lebih banyak lagu di atas panggung

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024